MANAJEMEN RESIKO PADA PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) iB (Studi Pada PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta Yos Sudarso)

EKA JATI RAHAYU FIRMANSYAH, NIM. 1220311096 (2015) MANAJEMEN RESIKO PADA PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) iB (Studi Pada PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta Yos Sudarso). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN RESIKO PADA PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) iB (Studi Pada PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta Yos Sudarso))
1220311096_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN RESIKO PADA PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) iB (Studi Pada PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta Yos Sudarso))
1220311096_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

Pencapain prestasi perbankan syariah yang positif selama beberapa tahun terakhir bisa runtuh seketika jika tidak bisa menjaga performa dan tidak memiliki manajemen risiko yang baik. Bank syariah merupakan lembaga bisnis yang tidak hanya bisa menghasilkan laba tapi berpotensi mengalami kerugian atas kejadian tertentu. Dampak dari Non Performing Financing (NPF) tidak dapat dianggap sebelah mata. Krisis global Pada tahun 2008 membuktikan bahwa dampak dari NPF perumahan di Amerika Serikat yang lebih dikenal dengan subprime mortgage bedampak global. Diawali dengan adanya ketidakmampuan (default) dari nasabah yang memiliki pinjaman KPR di Amerika bisa memberikan efek domino terhadap dunia internasional. Dari Latar belakang tersebut maka penulis menetapkan judul pada penelitian ini Manajemen Risiko Pada Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) iB (Studi Pada PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta Yos Sudarso). Pendekatan penelitian dilakukan dengan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah PT Bank BRISyariah sedangkan pengambilan sample dilakukan dengan purposive sampling yaitu sample yang dipilih dengan ceramt sehingga relevan dengan mengambil orang-orang yang dipilih menurut ciri-ciri spesifik dengan desain kualitatif Sample yang diambil dalam penelitaian ini adalah pengusul dan komite dilevel Kantor Cabang. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana PT. Bank BRISyariah melakukan analisa terhadap produk pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) iB dan bagaimana pengaplikasian manajemen risiko oleh PT. Bank BRISyariah pada produk pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) iB. Hasil dari penelitian menunjukan PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta melakukan analisa terhadap produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah dengan menanalisa calon nasabah melalui character, Capital, Capacity, Collateral dan Condition of Economic. Manajemen risiko pembiayaan Kepemilikan Rumah di PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta diwujudkan dengan cara: (1). Melakukan mitigasi risiko pada akad perseorangan produk pembiayaan dengan menentukan target market, scoring, penentuan repayment capacity (RPC), penentuan Batas Wewenang Persetujuan Pembiayaan (BWPP) (2). Akad murabahah menjadikan angsuran nasabah tetap sampai akhir periode sehingga jika terjadi kenaikan rate pada produk Dana Pihak Ketiga (DPK) akan menimbulkan miss match. Keaadaan tersebut dimitigasi oleh PT. Bank BRISyariah dengan cara Menentukan margin pembiayaan lebih tinggi dengan competitor dan Melakukan perubahan tarif margin untuk nasabah baru. (3). Pengelolaan risiko dilakukan dengan menghindari risiko, penahanan risiko, penyebaran risiko, pengalihan risiko, pengendalian risiko dan pendanaan risiko Kata Kunci : Risiko, Pembiayaan dan Non Performing Financing (NPF)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hadri Kusuma., MBA
Uncontrolled Keywords: Risiko, Pembiayaan dan Non Performing Financing (NPF)
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:24
Last Modified: 28 Mar 2016 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum