PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GRAVITASI KELAS XI SMA/MA

ALFIATUN NIKMAH, NIM. 10690055 (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GRAVITASI KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GRAVITASI KELAS XI SMA/MA)
10690055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GRAVITASI KELAS XI SMA/MA)
10690055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul fisika berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berkualitas, 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi gravitasi, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrument penelitian berupa lembar validasi modul, skala penilaian, tes uji rumpang dan skala respon peserta didik menggunakan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: 1) modul fisika berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) pada materi gravitasi kelas XI SMA/MA, 2) kualitas dari produk yang dikembangkan adalah baik dengan tingkat keterbacaan modul termasuk dalam kriteria mudah, 3) peserta didik setuju dengan modul fisika yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: modul fisika, keterampilan berpikir tingkat tinggi, gravitasi.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:41
Last Modified: 28 Mar 2016 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum