PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN RPG MAKER VX ACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KONSEP MOL KELAS X SMA/MA PADA SEMESTER GENAP

AGUNG PURNOMO, NIM. 10670016 (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN RPG MAKER VX ACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KONSEP MOL KELAS X SMA/MA PADA SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN RPG MAKER VX ACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KONSEP MOL KELAS X SMA/MA PADA SEMESTER GENAP)
10670016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN RPG MAKER VX ACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KONSEP MOL KELAS X SMA/MA PADA SEMESTER GENAP)
10670016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Paradigma baru pendidikan menerapkan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan kreativitas guru sebagai salah satu kunci keberhasilannya. Kreativitas guru dapat dilihat dari media pembelajaran yang digunakan dan dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran kimia materi konsep mol kelas X SMA/MA. Tujuannya adalah (1) mengetahui karakteristik produk yang dikembangkan berdasarkan masukan dan penilaian reviewers, (2) mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, (3) mengetahui respon terhadap produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Prosedur dalam penelitian ini ada 4 tahap, yaitu define, design, development, disseminate, tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Produk ditinjau oleh ahli materi, ahli media dan tiga orang peer reviewers. Subjek penilaian kualitas produk ini adalah tiga guru kimia SMA/MA. Selain itu, produk ini juga direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Penilaian karakteristik dan kualitas mengggunakan instrumen penilaian guru berupa lembar skala lima, sedangkan untuk mengetahui respon peserta didik menggunaan instrumen respon peserta didik. Instumen penilaian guru meliputi delapan aspek, yaitu navigasi, teks, kebahasaan, tampilan audio dan visual, karakteristik, buku panduan, materi dan soal latihan. Instrumen respon peserta didik meliputi delapan aspek, yaitu navigasi, teks, kebahasaan, tampilan audio dan visual, karakteristik, fungsi media, respon terhadap kimia dan buku panduan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik produk yang dikembangkan memiliki navigasi yang baik, teks sangat baik, tampilan audio dan visual sangat baik, berkarakter (mudah digunakan, bertipe role playing, menarik, fleksibel dimainkan, bisa sebagai sumber belajar mandiri dan memiliki keunggulan), memiliki buku panduan, materi dan soal latihan yang sangat baik. Menurut tiga guru kimia SMA/MA produk yang dikembangkan mendapatkan kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 130,67dari skor maksimal 150 dan persentase keidealan 87,11%. Produk mendapat respon sangat baik dari peserta didik dengan persentase keidealan 92,3%. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa produk game edukasi kimia tipe role playing bisa digunakan sebagai media pembelajaran kimia materi konsep mol kelas X SMA/MA semester genap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, game edukasi, konsep mol
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:51
Last Modified: 30 Mar 2016 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item