PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DAYA INGAT PESERTA DIDIK DISABILITAS PENDENGARAN DI SMA

INDISCHE MUZAPHIRE RAMDHANI, NIM. 11670005 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DAYA INGAT PESERTA DIDIK DISABILITAS PENDENGARAN DI SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DAYA INGAT PESERTA DIDIK DISABILITAS PENDENGARAN DI SMA)
11670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DAYA INGAT PESERTA DIDIK DISABILITAS PENDENGARAN DI SMA)
11670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan media flash card bertujuan untuk mengetahui karakteristik media flash card yang dapat digunakan oleh peserta didik disabilitas pendengaran dalam mempelajari materi sistem periodik unsur. Penelitian ini juga menentukan kualitas media flash card sistem periodik unsur berdasarkan penilaian dari pendidik dan peserta didik disabilitas pendengaran. Peningkatan retensi daya ingat pada penelitian ini dapat dilihat dengan memberikan tes retes pada peserta didik disabilitas pendengaran. Karakteristik media flash card yang dikembangkan adalah suatu media yang dapat membantu peserta didik disabilitas pendengaran dalam mempelajari materi sistem periodik unsur. Media flash card yang dikembangkan ditentukan kualitasnya dengan memberikan lembar respon kepada dua orang pendidik dan tiga orang peserta didik disabilitas pendengaran yang telah menggunakan media ini. Lembar respon yang diberikan meliputi pemberian respon terhadap media flash card, cara penggunaan media, dan buku panduan. Peningkatan retensi daya ingat dilakukan dengan menggunakan metode tes retes. Soal-soal yang digunakan untuk menentukan retensi daya ingat adalah soal-soal isian singkat dengan variasi yang berbeda pada tes 1 dengan tes 2. Media flash card yang dikembangkan adalah sebuah kartu berukuran A5, yang disusun dengan menggabungkan antara simbol, gambar dan warna yang membentuk satu kesatuan. Informasi yang terdapat dalam media flash card adalah nomor atom, nomor massa, simbol unsur, golongan, konfigurasi elektron dan kegunaan. Kualitas dari media flash card berdasarkan penilaian pendidik sebesar 96.2% (Sangat Baik), respon peserta didik sebesar 75.7% (Baik). Peningkatan retensi daya ingat peserta didik disabilitas pendengaran dapat dilihat pada peningkatan hasil tes retes. Hasil tes retes pada tes 1 memperoleh nilai rata-rata 35 dan rata-rata tes 2 adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Flash Card, Sistem Periodik Unsur, Retensi Daya Ingat
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:26
Last Modified: 07 Apr 2016 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item