PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA UNSUR BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII

SYAVI FAUZIAH ROHMAH Z.S., NIM. 11670034 (2015) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA UNSUR BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA UNSUR BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII)
11670034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA UNSUR BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII)
11670034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik dan kualitas ensiklopedia kimia unsur berbasis integrasi Islam sains sebagai sumber belajar peserta didik SMA/MA kelas XII. Kualitas didasarkan pada penilaian tiga pendidik kimia dan respon dari delapan peserta didik kelas XII SMA/MA. Selain itu, ensiklopedia juga diujicobakan terbatas dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan prosedural menggunakan model Borg and Gall sampai tahap lima (revisi produk). Produk ensiklopedia kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi kimia, ahli materi Islam sains, ahli bahasa, ahli media, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu tiga pendidik kimia SMA/MA serta direspon oleh delapan peserta didik yang bersekolah di SMA Ali Maksum Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan skala berupa daftar cek (check list) yang termuat dalam instrumen penilaian, instrumen respon peserta didik, dan instrumen observasi uji coba. Data kualitatif yang diperoleh dari ketiga instrumen selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Hasil penilaian pendidik diubah menjadi data kuantitatif dengan penilaian skala lima, sedangkan hasil respon dan data uji coba terbatas diubah dengan perhitungan persentase. Adapun untuk mengetahui kualitas ensiklopedia, yaitu melalui (1) data kategori penilaian ideal dan persentase keidealan dari penilaian pendidik, (2) data persentase keidealan dari respon peserta didik, (3) data persentase keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan data ujicoba terbatas. Hasil penelitian ini berhasil mengembangkan produk ensiklopedia dengan karakteristik berbasis integrasi Islam sains yang menggunakan empat model integrasi interkoneksi, yaitu model informatif, similarisasi, komplementasi, dan verifikasi. Selain itu, ensiklopedia juga menanamkan nilai dan pendidikan karakter. Hasil penilaian ensiklopedia kimia yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93,08%, sedangkan respon delapan peserta didik SMA/MA dengan presentase keidealan sebesar 98,03%. Adapun persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan penggunaan ensiklopedia berdasarkan ujicoba terbatas sebesar 100%. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa ensiklopedia kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ensiklopedia kimia, integrasi Islam dan sains, sumber belajar, kimia unsur
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Mar 2016 07:31
Last Modified: 07 Apr 2016 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item