PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TERMOKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL

MUKTI NURDIYANAH, NIM. 11670048 (2015) PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TERMOKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TERMOKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL)
11670048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TERMOKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL)
11670048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan majalah kimia berbasis Android pada materi termokimia untuk SMA/MA kelas XI telah dilakukan. Majalah kimia ini berisi materi pokok termokimia dengan mengacu pada kurikulum 2013. Penelitian Research and Development (R & D) ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakterisitik produk majalah kimia berbasis Android, serta mengetahui kelayakan produk berdasarkan penilaian pendidik dan respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D (four D model) (S. Thiagarajan, 2011) dan dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan-tahapan tersebut meliputi: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), dan (3) develop (pengembangan). Produk ditinjau oleh dosen pembimbing, dosen ahli materi, dan ahli media, serta tiga orang peer reviewer. Kelayakan majalah kimia berbasis Android dinilai oleh tiga pendidik kimia serta direspon oleh 15 peserta didik SMA. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala lima yang terdiri dari 11 aspek untuk mengetahui kelayakan produk dan lembar respon skala guttman (skala dua) yang berisi 5 aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Karakteristik proses pengembangan majalah kimia Android yang dilakukan melalui tahapan lima langkah analisis kebutuhan, perancangan layout dan pengumpulan bahan, desain majalah kimia Android, build aplikasi, peninjauan oleh dosen ahli, revisi dan penilaian produk; karakteristik produk majalah termokimia berbasis Android untuk SMA/MA kelas XI yang dikembangkan memiliki spesifikasi noncetak dalam bentuk aplikasi Android dengan tambahan fitur video whiteboard animation, suara serta gambar bergerak (animasi). Rubrik-rubrik disajikan dengan mengacu pada kurikulum 2013 sehingga terdapat dimensi sikap spiritual (KI 1) seperti rubrik islamiclopedia dan kekayaan alam, dimensi sikap sosial dan personal (KI 2) seperti rubrik interview, dimensi pengetahuan KI 3 seperti rubrik sajian utama, info kimia, video concept, dan catatan kimia serta dimensi aplikasi ketrampilan (KI 4) seperti rubrik percobaan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penilaian tiga pendidik kimia SMA/MA didapatkan persentase keidealan sebesar 85,88% dengan kategori Sangat Baik. Majalah ini direspon secara positif oleh 15 peserta didik dengan skor total sebesar 263 dari skor total ideal 285 dengan persentase keidealan sebesar 92,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, majalah kimia, android, termokimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:14
Last Modified: 15 Apr 2016 03:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20014

Actions (login required)

View Item View Item