INTISARI PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI ALAT PENYETARA REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF

TIARA MULIA PUTRI, NIM. 11670050 (2015) INTISARI PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI ALAT PENYETARA REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTISARI PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI ALAT PENYETARA REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF)
11670050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INTISARI PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI ALAT PENYETARA REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF)
11670050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kimia SMA/MA dan pengisian angket oleh peserta didik SMA/MA diperoleh informasi bahwa sebagian besar peserta didik kesulitan dalam menyetarakan reaksi redoks. Banyaknya komponen yang harus disetarakan (mulai dari bilangan oksidasi, kation, anion, hidrogen dan oksigen) membuat peserta didik harus teliti dan benar-benar paham cara menyetarakan reaksi redoks. Maka dari itu, guru perlu menyediakan media pembelajaran yang terdapat banyak variasi soal penyetaraan reaksi redoks untuk peserta didik agar peserta didik benar-benar paham dan dapat menyetarakan reaksi redoks secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik android mobile application sebagai alat penyetara reaksi reduksi-oksidasi dan media pembelajaran kimia interaktif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas android mobile application sebagai alat penyetara reaksi reduksi-oksidasi dan media pembelajaran kimia interaktif bedasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan respon peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian Borg dan Gall dengan melakukan penelitian terbatas pada 5 tahap awal dari 10 tahapan penelitian. Aplikasi ini telah divalidasi oleh 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, dan 5 peer reviewers serta dinilaikan kepada 3 guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA. Android Mobile Application sebagai Alat Penyetara Reaksi Reduksi-Oksidasi dan Media Pembelajaran Kimia Interaktif yang telah dibuat, memiliki karakteristik aplikasi yang ringan dijalankan di smartphone dengan fitur yang dapat menyetarakan reaksi redoks secara praktis disertai latihan soal yang diambil dari soal UN, UM/US dan Try Out khusus materi redoks. Selain itu, aplikasi ini bersifat interaktif dengan memberikan cara penggunaan dan notifikasi kepada pengguna aplikasi. Hasil penilaian dari guru kimia SMA/MA bahwa android mobile application memiliki kualitas yang Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 94,5% dan berdasarkan respon dari peserta didik SMA/MA juga memiliki kualitas yang Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Mobile Application, Android, Reduksi, Oksidasi, Media Pembelajaran Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:34
Last Modified: 15 Apr 2016 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item