PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUHAMMAD GALUH K P, NIM. 11250008 (2016) PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11250008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11250008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dalam Maningkatkan Kesejahteraan Sosial di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2015 dengan Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dalam Maningkatkan Kesejahteraan Sosial di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena keingintahuan bagaimana sebuah lembaga pemerintah yang bermitra dengan Pemerintah Desa dalam melaksanakan dan membantu pembangunan di desa, mengingat lembaga yang didirikan oleh pemerintah tersebut sudah ada sejak Orde Baru, hanya saja berbeda nama dan tugasnya. Bagaimana peran LPMD dalam pelaksanaan pembangunan sebagai mitra Pemerintah Desa untuk menggerakkan partisipasi masyarakat agar masyarakat mampu mempunyai rasa tanggung jawab membangun daerahnya serta kegiatan-kegiatan yang menunjang untuk peningkatan kesejahteraan sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dalam Maningkatkan Kesejahteraan Sosial di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara, subjek penelitiannya adalah Kepala Desa Krambilsawit, salah seorang perangkat desa dan Ketua LPMD Desa Krambilsawit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data yang dibandingkan antara observasi non-partisipan dengan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran LPMD Desa Krambilsawit dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan ada dua yaitu pembangunan fisik yaitu pembangunan sarana dan prasarana seperti akses jalan untuk mempermudah masyarakat dalam meningkatkan ekonomi. Kemudian pembangunan non-fisik yaitu pengembangan masyarakat dengan mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat. Kegiatan-kegiatannya yaitu penyuluhan nikah dini dan narkoba, serta pelatihan memasak bagi ibu-ibu agar mempunyai usaha mandiri untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran LPMD Desa Krambilsawit, Pembangunan Fisik dan Pembangunan Non-Fisik. Hambatan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:43
Last Modified: 18 Apr 2016 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20063

Actions (login required)

View Item View Item