REHABIITASI SOSIAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2014 – 2015

AHMAD REZA FAHMI AMRULLAH, NIM. 11250016 (2016) REHABIITASI SOSIAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2014 – 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABIITASI SOSIAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2014 – 2015)
11250016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA(1).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REHABIITASI SOSIAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2014 – 2015)
11250016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Reza Fahmi Amrullah, Rehabiitasi Sosial Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum Di Panti Sosial Bina Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014 – 2015. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Desember 2015 dengan tujuan untuk membahas proses Rehabiitasi Sosial Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum Di Panti Sosial Bina Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014 – 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena adanya permasalahan sosial anak yang berhadapan dengan hukum yang menjadi titipan Aparat Penegak Hukum di lembaga sosial, tidak mendapatkan peradilan hukum secara formal, dan mendapakatkan pelayanan rehabilitasi sosial yang diselenggarakan di Panti Sosial Bina Remaja. Kemudian berangkat dari permasalahan tersebut diperoleh batasan masalah yakni tentang bagaimana proses rehabilitasi sosial terhadap ABH dan hasil dari proses rehabilitasi sosial yang telah diberikan kepada ABH. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah proses Rehabiitasi Sosial Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum Di Panti Sosial Bina Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014 – 2015. Sementara, Subjek penelitiannya adalah Kepala PSBR, lima pekerja sosial, kasie rehabilitasi sosial, satu staff administrasi dalam lingkungan PSBR., dan 16 ABH yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses rehabilitasi sosial terhadap ABH disesuaikan berdasarkan kebutuhan klien. Sehingga rehabilitasi yang dilakukan menghasilkan dampak yang positif atas perilaku klien. Dalam rehabilitasi sosial di PSBR bisa dibagi menjadi tiga tahapan secara garis besar meliputi 1. pra rehabilitasi (penerimaan klien) terdiri dari empat tahap yakni Aparat Penegak Hukum, PSBR, Status Titipan APH, dan Mediasi. 2. tahap pelayanan rehabilitasi sosial, dan 3. pasca rehabilitasi sosial terdiri dari reintegrasi dan terminasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi Sosial, Anak Yang Berhadapan dengan Hukum, Panti Sosial Bina Remaja
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:45
Last Modified: 18 Apr 2016 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20064

Actions (login required)

View Item View Item