PERAN PUSKESMAS PEMBANTU KESEHATAN JIWA DALAM PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

LUTVIANA KHOIRIL UMAH, NIM. 12250045 (2016) PERAN PUSKESMAS PEMBANTU KESEHATAN JIWA DALAM PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSKESMAS PEMBANTU KESEHATAN JIWA DALAM PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO)
12250045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSKESMAS PEMBANTU KESEHATAN JIWA DALAM PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO)
12250045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Lutviana Khoiril Umah. Penelitian ini berjudul “Peran Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa dalam Menangani Gangguan Jiwa di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo”. Awal ketertarikan peneliti berangkat dari upaya yang dilakukan Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Paringan kaitannya dengan penanganan gangguan jiwa di Desa Paringan yang disebut-sebut kampung gila. Selain itu, Pustu Kesehatan Jiwa ini juga menjadi puskesmas percontohan di Kabupaten Ponorogo. Adapun upaya yang dilakukan adalah melalui promosi, penyuluhan, pengobatan dan menyediakan tempat rehabilitasi. Dalam mengungkap kegiatan tersebut, peneliti menggunakan tinjauan pembangunan partisipatif yaitu pembangunan yang ditujukan untuk mengatasi masalah di lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap petugas Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Paringan, aparat desa dan keluarga pasien yang merupakan masyarakat Desa Paringan. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa dalam penanganan gangguan jiwa di Paringan meliputi (1) Promosi lewat radio dan pamflet, (2) Pencegahan melalui penyuluhan berkala dan pembentukan kader, (3) Pengobatan gratis, (4) Mendirikan tempat rehabilitasi Ngudi Rahayu, (5) Menjalin kersama dengan instansi-instansi seperti Pemda Ponorogo, RSJ Malang, RSJ Surabaya dan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Puskesmas, Penanganan Gangguan Jiwa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:06
Last Modified: 18 Apr 2016 04:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item