KESETARAAN GENDER DAN DAMPAKNYA BAGI PERILAKU SOSIAL ANAK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI WARNA-WARNI YOGYAKARTA

SYAFIRA AULIA MARDIYAH, NIM. 12250060 (2016) KESETARAAN GENDER DAN DAMPAKNYA BAGI PERILAKU SOSIAL ANAK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI WARNA-WARNI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESETARAAN GENDER DAN DAMPAKNYA BAGI PERILAKU SOSIAL ANAK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI WARNA-WARNI YOGYAKARTA)
12250060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESETARAAN GENDER DAN DAMPAKNYA BAGI PERILAKU SOSIAL ANAK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI WARNA-WARNI YOGYAKARTA)
12250060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (923kB)

Abstract

Syafira Aulia Mardiyah, Kesetaraan Gender dan Dampaknya Bagi Perilaku Sosial Anak di Pusat Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini (PPPAUD) Warna-Warni Yogyakarta. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari adanya Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak (LSPPA) merupakan lembaga yang mempunyai visi misi untuk menegakkan adil gender dengan mengembangkan peran perempuan dan anak. Peran LSPPA dalam mewujudkan kesetaraan gender kepada anak salah satunya dengan mendirikan PPPAUD Warna-Warni sebagai sekolah yang setara dengan PAUD yang telah menerapkan nilai yang adil gender sejak usia dini. Usia dini merupakan usia yang sangat penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak, usia tersebut yang sering disebut dengan golden age atau usia keemasan. Sehingga ketika kesetaraan gender sudah ditanamkan sejak dini kepada anak-anak akan menjadikan generasi yang dapat bersikap adil dan bertoleransi tentang peran seorang laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menerangkan proses dari kesetaraan gender dan dampak perilaku sosial yang terjadi pada anak, oleh karena itu penulis dapat mengetahui seberapa pentingnya anak berusia dini jika diterapkan tentang sikap adil gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis-fenomenologis, yakni peneliti berusaha untuk mengkaji dari sudut pandang pembelajaran, sedangkan fenomenologis, yakni peneliti tidak hanya melihat proses yang terjadi saja akan tetapi mencoba untuk melihat dampak dibalik proses kesetaraan gender tersebut. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan menganalisis data. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam kesatuan dan serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran PPPAUD Warna-Warni dalam membentuk perilaku sosial yang adil gender menggunakan materi yang diterapkan dalam kesetaraan gender, berupa: bahasa dan buku-buku cerita. kemudian kegiatan yang diterapkan dalam kesetaraan gender, yaitu: menonton film bersama, kelas memasak dan kegiatan di hari peringatan. Sedangkan bentukbentuk perilaku sosial anak dalam kesetaraan gender pada anak di PPPAUD Warna-warni, antara lain: kerja sama, kemurahan hati, tenggang rasa, simpati, meniru, dan perilaku kelekatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak yang masih berusia dini membutuhkan nilai-nilai kesetaraan gender karena melihat dampak yang positif terhadap sikap sosial anak di PPPAUD Warna-Warni setelah diterapkannya kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan gender dan Perilaku sosial anak.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:07
Last Modified: 18 Apr 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item View Item