INTERAKSI SOSIAL DI PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ANAK (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) SLEMAN, YOGYAKARTA)

ROFIATULKHOIRI ALBAROROH, NIM. 12250063 (2016) INTERAKSI SOSIAL DI PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ANAK (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL DI PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ANAK (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) SLEMAN, YOGYAKARTA))
12250063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL DI PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU ANAK (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) SLEMAN, YOGYAKARTA))
12250063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (936kB)

Abstract

Rofiatulkhoiri Albaroroh 12250063, Interaksi Sosial di Panti Asuhan dalam Membentuk Tingkah Laku Anak (Studi di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) Sleman, Yogyakarta). Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai Maret 2016 dengan tujuan unruk mendeskripsikan proses interaksi sosial anak dan pengaruh proses interaksi sosial di BRSPA Sleman dalam membentuk tingkah laku anak. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya anak yang mengalami gangguan tingkah laku karena dilema yang dirasakan selama di panti, berbagai masalah baik hubungan interaksi sosial dengan teman, pengasuh, pengurus yang di panti, maupun masalah dengan diri sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan secara purposif sampling, subyek penelitiannya adalah 8 anak, 2 pekerja sosial dan 1 pramu sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pengecekan sumber data. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses interaksi sosial anak di BRSPA Sleman adalah interaksi langsung, Interaksi sosial yang mereka lakukan berupa kontak langsung, komunikasi langsung dan interaksi yang terjalin ketika sedang menjalin kerjasama dalam kegiatan rutin di panti. Bentuk interaksi sosial ada dua yaitu asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatifnya berupa kerjasama, akomodasi, asimilasi. Kemudian interaksi sosial disasosiatifnya berupa adanya persaingan dan konflik/pertentangan anak penghuni panti. Interaksi sosial di BRSPA Sleman mampu mempengaruhi tingkah laku anak, seperti pengaruh faktor sugesti, identifikasi dan imitasi, empati, simpati dan motivasi yang ada mampu membuat anak asuh mempunyai moral dalam bersikap dan berperilaku. Namun banyak pula anak yang berawal dari coba – coba dan ikutan teman melakukan hal menyimpang, maka membuat ketagihan dan bahkan menjadi kebiasaan buruk. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi interaksi sosial dalam membentuk tingkah laku anak diantara; (a) ketatnya peraturan yang ditegakkan (b) Rasa tanggung jawab pengasuh yang tinggi serta memberikan contoh yang baik kepada anak-anak asuh, dan (c) Rasa kekeluargaan anak yang tinggi dari dalam lingkungan panti. Faktor penghambatnya adalah (a) jumlah peksos dan pramsos/kurangnya tenaga pengasuh dan (b) memiliki sarana dan prasarana fasilitas yang lengkap namun terbatas sehingga menimbulkan konflik perebutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Panti Asuhan, Tingkah Laku
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:08
Last Modified: 18 Apr 2016 04:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20080

Actions (login required)

View Item View Item