PENGARUH KECERDASAN SOSIAL KONSELOR TERHADAP STRATEGI COPING DALAM MENANGANI KLIEN KORBAN KDRT (STUDI DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA)

DIAN PANJI PERMANA, NIM. 12250109 (2016) PENGARUH KECERDASAN SOSIAL KONSELOR TERHADAP STRATEGI COPING DALAM MENANGANI KLIEN KORBAN KDRT (STUDI DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN SOSIAL KONSELOR TERHADAP STRATEGI COPING DALAM MENANGANI KLIEN KORBAN KDRT (STUDI DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA))
12250109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN SOSIAL KONSELOR TERHADAP STRATEGI COPING DALAM MENANGANI KLIEN KORBAN KDRT (STUDI DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA))
12250109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dian Panji Permana 12250109, Pengaruh Kecerdasan Sosial Konselor Terhadap Stategi Coping dalam Menangani Klien Korban KDRT (Studi di Rifka Annisa WCC Yogyakarta). Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai Februari 2016 dengan tujuan untuk membahas kecerdasan sosial yang dimiliki konselor dan pengaruh kecerdasan sosial tersebut terhadap strategi coping dalam menangani klien korban KDRT. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya klien kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang meminta pendampingan dan pelayanan oleh konselor di Rifka Annisa. Namun, meskipun banyaknya klien dan program yang dilaksanakan seorang konselor, mereka tetap optimal dalam memberikan pelayanan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kemampuan konselor dalam menerapkan kecerdasan sosial yang dimilikinya, sehingga coping ataupun strategi penyelesaian masalah klien dapat maksimal. Oleh karena itu, penelitian dalam mengetahui kecerdasan sosial dan strategi coping seorang konselor perlu dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah 6 konselor, 1 staf resepsionis dan 2 klien korban KDRT Rifka Annisa. Sehingga keseluruhan subyek berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan sosial mempengaruhi strategi coping konselor Rifka Annisa dalam menangani klien korban KDRT, yaitu menghasilkan coping positif berupa Problem Focused Coping (PFC). Coping tersebut meliputi countiousness, pengaruh dari indikator kecerdasan sosial yaitu empati dasar, penyelarasan dan kognisi sosial yang menghasilkan ketrampilan dalam mempertimbangkan alternatif pemecahan masalah dan mencari dukungan sosial. Instrumental action, pengaruh dari indikator kecerdasan sosial yaitu ketepatan empatik, presentasi diri dan kepedulian yang menghasilkan ketrampilan dalam pendekatan analitis dalam menyelesaikan masalah. Negotiation pengaruh dari indikator kecerdasan sosial yaitu kognisi sosial, singkroni dan pengaruh yang menghasilkan ketrampilan konselor dalam melibatkan klien menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial, Konselor, Stategi Coping.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:12
Last Modified: 21 Apr 2016 03:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item