PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS MGMP PAI SMA KABUPATEN BANTUL)

ABDUL KOHAR, NIM. 10410016 (2016) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS MGMP PAI SMA KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS MGMP PAI SMA KABUPATEN BANTUL))
10410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS MGMP PAI SMA KABUPATEN BANTUL))
10410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABDUL KOHAR, Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru dituntut agar terus mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pendidik dan pengajar, hal ini tentunya harus sesuai dengan perkembangan janam, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Namun pada kenyataan, masih banyak ditemui menjadi guru seperti pilihan profesi terakhir dan kurangnya minat guru untuk mengembangkan profesinya sebagai pendidik dan pengajar, padahal guru merupakan operator sebuah kurikulum pendidikan dan menjadi ujung tombak dari sistem pendidikan. Untuk mengurangi masalah tersebut MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul berupaya untuk senantiasa memotivasi dan mendorong guru agar mengembangkan profesinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana pengembangan profesionalisme guru PAI yang ada di Kabupaten Bantul melalui kelompok MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul, dan peran modal sosial dalam pengembangan profesionalisme guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan latar MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelituan menunjukan: 1). Dengan adanya MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul yang menjadi wadah untuk guru mata pelajaran PAI se-Kabupaten Bantul sangat membantu guru PAI dalam mengembangkan dan meningkatkan profesiny. MGMP PAI yang bibentuk untuk mengembangkan profesionalisme guru PAI dan sebagai forum silaturahmi dan saling berbagi pengalaman dan membahas permasalahan proses belajar mengajar yang dihadapi guru di sekolah masing-masing. 2). Modal sosial sangat membantu dalam menggerakkan kebersamaan, ide, kesalingpercayaan dan saling menguatkan untuk mencapai tujuan bersama dalam mengembangan profesionalisme guru PAI. Peran modal sosial ini terlihat ketika MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul mengadakan sebuah kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak pihak, modal sosial membantu mempermudah untuk berhubungan dan bekerjasama yang didalamnya terdapat unsur kepercayaan, jaringan dan pranata. Ketiga unsur tersebut yang mampu menguatkan dan menggerakkan kebersamaan anggota MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 10:54
Last Modified: 19 Apr 2016 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum