PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

ROZI AZAM, NIM. 11410111 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
11410111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
11410111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

Rozi Azam. Pembentukan Karkater Religius Siswa melalui Internalisasi Bacaan dan Gerakan Shalat dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan pada bentuk ibadah shalat yang berbeda dengan ibadah yang lain, terutama dari aspek bacaan dan gerakannya yang syarat akan makna dan nilai. Selain itu, shalat menjadi penting di dalam pembangunan karakter seseorang Hal itu disebabkan shalat merupakan media komunikasi dengan Allah yang paling efektif untuk membangun jiwa menjadi tenang dan damai. Shalat juga merupakan aktifitas yang jika dilakukan secara sungguhsungguh dan benar dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. Dalam hal ini, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta bisa dijadikan sarana untuk memberikan pembentukan karakter siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat dalam pendidikan agama Islam yang diselipkan ketika shalat berjamaah. Hal tersebut telah diterapkan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, yang membentuk karkater religius siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah, serta mengetahui hasil dari pembentukan karkter religius siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat dalam pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis. Pendekatan ini dipilih karena mempelajari segala tindakan dan pandangan hidup manusia yang menginternalisasikan ajaran agama dalam dirinya. Analisis data dilakuakan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Konsep pembentukan karakter siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat dalam pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yakni: shalat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, shalat terdiri dari sekumpulan bacaan dan gerakan, dan shalat melatih kedisiplinan siswa. 2) Pembentukan karakter siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat dalam pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilakukan dengan cara: Tranformasi Nilai, Transaksi Nilai, dan Transinternalisasi Nilai. 3) Hasil dari pembentukan karakter siswa melalui internalisasi bacaan dan gerakan shalat dalam pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yakni: taqwa, rendah diri (tawadlu), dan al-ukhuwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:11
Last Modified: 19 Apr 2016 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20166

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum