METODE PEMBELAJARAN TALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MATA PELAJARAN ŚAQAFAH SANTRI PUTRI TINGKAT WUSTA (SMP) PESANTREN PANATAGAMA YOGYAKARTA

NURHAYATI, NIM. 11410165 (2016) METODE PEMBELAJARAN TALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MATA PELAJARAN ŚAQAFAH SANTRI PUTRI TINGKAT WUSTA (SMP) PESANTREN PANATAGAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN TALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MATA PELAJARAN ŚAQAFAH SANTRI PUTRI TINGKAT WUSTA (SMP) PESANTREN PANATAGAMA YOGYAKARTA)
11410165_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN TALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MATA PELAJARAN ŚAQAFAH SANTRI PUTRI TINGKAT WUSTA (SMP) PESANTREN PANATAGAMA YOGYAKARTA)
11410165_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

NURHAYATI. Metode Pembelajaran Talaqqiyan Fikriyan terhadap Mata Pelajaran Śaqafah Santri Putri tingkat Wusta (SMP) Pesantren Panatagama Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pengajaran merupakan bagian dari proses tersalurkannya suatu pemahaman kepada peserta didik. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pengajaran, khususnya pengajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Pesantren Panatagama sebagai lembaga pendidikan menggunakan metode pembelajaran Islam yang khas dalam proses pembelajarannya yaitu metode pembelajaran talaqqiyan fikriyan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi, pengaruh dan efektivitas metode pembelajaran talaqqiyan fikriyan terhadap mata pelajaran śaqafah. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi, pengaruh serta efektivitas metode pembelajaran talaqqiyan fikriyan terhadap mata pelajaran śaqafah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini mengambil latar pesantren Panatagama Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi serta angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Implementasi metode talaqqiyan fikriyan yang diterapkan di pesantren Panatagama cenderung variatif kombinatif. Metode ceramah sebagai metode tetap dikombinasikan dengan metode lain yang bervariasi. (2) Metode pembelajaran talaqqiyan fikriyan berpengaruh terhadap mata pelajaran śaqafah dengan alasan materi śaqafah membicarakan sesuatu yang benar, materi śaqafah bisa menjadi pengingat perbuatan yang salah, materi śaqafah banyak mengandung pesan – pesan yang memotivasi santri untuk bisa berpikir dan berubah, materi śaqafah mengajarkan tentang jalan menuju kehidupan yang benar serta materi śaqafah sesuai dengan kehidupan. (3) Efektivitas metode pembelajaran talaqqiyan fikriyan yang diterapkan pada mata pelajaran śaqafah santri tingkat wusta cukup efektif dengan catatan bahwa mata pelajaran śaqafah mampu mengubah santri menjadi berkepribadian Islam dan mata pelajaran śaqafah bisa memotivasi diri santri. Dengan memahami materi śaqafah, santri bisa menilai diri sendiri sekaligus memperbaiki diri menjadi lebih baik. Selain itu mata pelajaran śaqafah juga bisa memotivasi sehingga bisa menguatkan keimanan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:14
Last Modified: 19 Apr 2016 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum