PENGARUH KARAKTERISTIK GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

SALISYULIANSARI, NIM. 12410021 (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KARAKTERISTIK GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
12410021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KARAKTERISTIK GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
12410021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SALISYULIANSARI. Pengaruh Karakteristik Gaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya sosok seorang guru yang memiliki cara atau gaya dalam mengajar yang bagus dan kreatif maka ia juga memiliki wawasan dan intelegensi dan sikap yang bagus untuk diberikan kepada siswa. Dan seorang guru harus mampu untuk membawa siswa kepada kesuksesan dalam belajar, jika seorang guru dalam mengajar biasa saja maka siswa akan merasa bosan dan minat belajar akan menurun. Apalagi sebagai guru PAI maka harus lebih bisa memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar. Namun kenyataannya ada guru PAI yang memiliki kepribadian baik namun dalam gaya mengajar masih kurang mampu membangun minat belajar siswanya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh karakteristik gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gaya mengajar guru PAI, mengetahui minat belajar siswa, dan untuk menguji secara empiris pengaruh yang signifikan antara karakteristik gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Banguntapan tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputii analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji chi square untuk mengetahui pengaruh karakteristik gaya mengajar guru PAI dengan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan: 1) Gaya mengajar yang dimiliki oleh guru PAI di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta atau tingkat gaya mengajar guru PAI berada dalam kategori “kurang bagus”. 2) Minat belajar siswa di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta bearada dalam kategori “cukup tinggi”. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Hal tersebut dengan memperhatikan x2 = 1,653, db = 6, = 0,949. Dalam hal ini hipotesis (Ha) diterima jika < 0,05, hasil menunjukan bahwa (0,949) > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam S, M.A.
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:24
Last Modified: 19 Apr 2016 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum