KONTRIBUSI TAREKAT NAQSABANDIYAH TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH DI DUKUH TOMPE KELURAHAN KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI)

LUQMAN ABDULLAH, NIM. 12410031 (2016) KONTRIBUSI TAREKAT NAQSABANDIYAH TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH DI DUKUH TOMPE KELURAHAN KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI TAREKAT NAQSABANDIYAH TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH DI DUKUH TOMPE KELURAHAN KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI))
12410031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI TAREKAT NAQSABANDIYAH TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS JAMAAH TAREKAT NAQSABANDIYAH DI DUKUH TOMPE KELURAHAN KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI))
12410031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LUQMAN ABDULLAH. Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah Terhadap Pendidikan Agama Islam dan Perubahan Perilaku Sosial (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Dukuh Tompe Kelurahan Karangnongko Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kunci untuk membentuk perilaku sosial yang baik terletak pada ketenangan batin, ketenangan batin hanya dapat diperoleh dengan mendekatkan diri kepada Allah, salah satunya melalui Tarekat Naqsabandiyah. Sejak tahun 2001, sebagian penduduk Dukuh Tompe sudah masuk Tarekat Naqsabandiyah dan dididik dengan pendidikan tarekat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pendidikan agama yang dilaksanakan Tarekat Naqsabandiyah, dan bagaimana kontribusi Tarekat Naqsabandiyah terhadap Pendidikan Agama Islam dan perubahan perilaku sosial jamaah di dukuh Tompe, Kelurahan Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Tarekat Naqsabandiyah terhadap Pendidikan Agama Islam dan perubahan perilaku sosial jamaah di dukuh Tompe, Kelurahan Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Tarekat Naqsabandiyah di Dukuh Tompe. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode berfikir induktif dan pemberian makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk Pendidikan Tarekat Naqsabandiyah di Dukuh Tompe bersifat aplikatif. Bersifat aplikatif di sini maksudnya memberikan porsi yang lebih besar pada pendidikan yang bersifat penerapan dari pendidikan teori. Pembinaan yang dilakukan adalah dengan Taubat, Suluk, Zuhud dan Tawakkal. Selain itu, dalam pendidikan tarekat tersebut menggunakan pendekatan dzikir, baik itu dzikir sirr atau jahr. (2) Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah terhadap Pendidikan Agama Islam ialah: 1) Menambah pengetahuan Agama Islam, 2) Meningkatkan keimanan kepada Allah, 3) Meningkatan amal sholeh. Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah terhadap Perubahan Perilaku Sosial ialah: 1) Merubah rasa gelisah menjadi tenang, 2) Merubah sikap kasar menjadi penyayang, 3) Merubah sikap pembangkang menjadi penurut, 4) Merubah sikap menutup diri menjadi terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tarekat, Naqsabandiyah, PAI, Perilaku Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:27
Last Modified: 19 Apr 2016 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum