KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON

KUNCORO HERI SETIAWAN, NIM. 12410049 (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON)
12410049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON)
12410049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

KUNCORO HERI SETIAWAN. Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Proses Bimbingan Belajar Terhadap Peserta Didik Tuna Rungu di SMA Negeri 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan penulis terhadap peserta didik difabel khususnya tuna rungu dalam proses bimbingan belajar. Karena peserta didik tuna rungu adalah peserta didik yang memiliki kekurangan dalam hal pendengaran.karena itulah dalam proses bimbingan belajar peserta didik tuna rungu harus menggunakan metode khusus agar proses bimbingan belajar dapat berjalan maksimal. SMA Negeri 1 Sewon adalah salah satu sekolah menengah umum yang menerima peserta didik difabel sebagai muridnya. Selain itu SMA Negeri 1 Sewon juga memiliki program sekolah klinik (klinik sekolah), program ini adalah program yang diperuntukkan bagi peserta didik yang membutuhkan bimbingan belajar dari guru mata pelajaran tersebut tanpa terkecuali bagi peserta didik difabel tuna rungu. . Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 1 Sewon Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawan cara mendalam dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data, penulis menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Untuk analisis data peneliti menggunakan data reduction, data display dan clonclution drawing. Masalah yang diangkat oleh peneliti adalah Kompetensi guru PAI serta Implementasinya dalam proses bimbingan belajar terhadap peserta didik difabel tuna rungu. Hasil penetilian menunjukkan : 1) Kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Sewon sudah cukup baik, namun guru PAI masih belum mengoptimalkan keterlibatan orang tua dalam upaya mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik. 2) dalam pengimplementasian kompetensi sosial guru dalam proses bimbingan belajar, sudah cukup baik. Guru PAI menggunakan pendekatan personal/individual dalam memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik difabel tuna rungu. Namun masih ada salah satu guru yang masih belum menjalin kedekatan personal kepada peserta didik, sehingga ketika peserta didik difabel tuna rungu ingin bertanya dan meminta bimbingan, peserta didik masih canggung dan malu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:33
Last Modified: 19 Apr 2016 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum