PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA SISWA KELAS VIII KEPADA GURU DI MTS HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL

TINA ASEPTIANA, NIM. 12410073 (2016) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA SISWA KELAS VIII KEPADA GURU DI MTS HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA SISWA KELAS VIII KEPADA GURU DI MTS HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL)
12410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA SISWA KELAS VIII KEPADA GURU DI MTS HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL)
12410073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

TINA ASEPTIANA. Pengaruh Religiuistas terhadap Etika Siswa Kelas VIII Kepada Guru di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seharusnya, siswa dapat berperilaku baik terhadap gurunya. Guru adalah orang yang seharusnya dihormati dan dihargai. Sehingga siswa idealnya dapat beretika yang baik terhadap gurunya di manapun mereka berada. Etika siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah religiusitas. Siswa yang memiliki religiusitas yang baik, seharusnya juga mempunyai etika yang baik terhadap gurunya. Namun kenyataannya, ada beberapa siswa yang kurang baik dalam hal etika kepada gurunya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh religiusitas terhadap etika siswa kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana religiusitas siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan, untuk mengetahui tingkat etika siswa kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan kepada gurunya, untuk menguji secara empiris religiusitas terhadap etika siswa kelas VIII kepada guru di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas A, B dan C dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 50 butir soal terdapat 48 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.812 untuk religiusitas siswa dan 0.850 untuk etika siswa kepada guru dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui korelasi dan uji regresi linier sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat religiusitas siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan berada pada tingkat baik yaitu terletak pada interval 78-85. (2) Etika siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 69-77. (3) besarnya pengaruh religiusitas siswa terhadap etika siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan kepada guru sebesar (R Square) 0,486 atau 48,6%. Angka sig. (2-tailed) 0,000<0.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa ada pengaruh antara religiusitas terhadap etika siswa kelas VIII di MTs hasyim Asy’ari Piyungan Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:52
Last Modified: 19 Apr 2016 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum