PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LABORATORIUM AGAMA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG

DHONI MAHMUDAH, NIM. 12410082 (2016) PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LABORATORIUM AGAMA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LABORATORIUM AGAMA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG)
12410082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LABORATORIUM AGAMA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG)
12410082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DHONI MAHMUDAH. Pengembangan Kompetensi Siswa dalam Pendidikan Agama Islam Melalui Laboratorium agama di SMA Negeri 4 Magelang. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam Pendidikan Agama Islam meliputi kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kenyataanya, sistem pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam cenderung monoton. Siswa lebih banyak belajar tentang materi saja yakni dengan mencatat dan menghafal., sehingga kurang optimal pada ranah psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 4 Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk pengembangan kompetensi siswa dalam Pendidikan Agama Islam meliputi: Dalam aspek kognitif yakni pembelajaran al-Quran hadis menggunakan al-Quran digital untuk mengetahui makhorijul huruf beserta tafsirnya, sehingga secara afektif siswa dapat mempraktekkan membaca al-Quran den baik dan benar. Dalam kajian fiqh secara kognitif yakni dengan melihat tampilan CD pembajaran tentang tata cara mengurusi jenazah dan sebagainya. Sehingga pada aspek psikomotorik siswa dapat praktek langsung tata cara mengurusi sholat jenazah mengurusi jenazah secara berkelompok. Dalam pembelajaran akhlak dari aspek pengembangan kognitif siswa dapat melihat tampilan CD tentang sifat yang tercela dan terpuji, sehingga secara afektif siswa dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas, dalam kajian sejarah Islam siswa dapat melihat tayangan berbagai kupulan CD pembelajaran tentang kisah nabi dan sebagainya, sehingga secara afektif, siswa dapat mengambil hikmah dan mengaplikasikanya adalam kehidupan sehariharinya (2) Hasil dari pengembangan kompetensi siswa dalam PAI melalui laboratorium agama meliputi: Ibadah mahdhah berupa pelakasanaan ibadah sholat dzuhur berjamaah dan sholat sunnah, pembacaan doa-doa, serta minat membaca al-Quran yang meningkat dan dalam ibadah ghairu mahdhah berupa kebiasaan siswa bershodaqoh dan sopan santun yang dimiliki siswa. (3) Kendala yang dihadapi yaitu pada aspek afektif tidak semua siswa dapat menerapkan apa yang telah diketahuinya, dikarenakan tingkat kesadaran dan kepekaan masing-masing siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:55
Last Modified: 19 Apr 2016 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum