PENGARUH STRATEGI TV COMMERCIAL TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

IZMI RAFI HAMDINI, NIM. 12410086 (2016) PENGARUH STRATEGI TV COMMERCIAL TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI TV COMMERCIAL TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI TV COMMERCIAL TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Izmi Rafi Hamdini, “Pengaruh Strategi TV Commercial Terhadap Hasil Belajar Afektif Mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi TV Commercial pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 5 Yogyakarta dan untuk mengetahui besar pengaruh strategi TV Commercial terhadap hasil belajar afektif siswa di SMP N 5 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan rancangan PreTest-PostTest Design Eksperimen. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Metode pengumpulan data menggunakan metode penilaian diri, wawancara, dokumentasi Kesimpulannya adalah: 1) Hasil dari uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi TV Commercial terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta yaitu terlihat pada nilai nilai pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,04. T sebesar (0,007) < 0,05. Karena aturannya bahwa nilai sig.p < 0,05, maka ada perbedaan pada taraf 5%, jika nilai sig.p < 0,01, maka ada perbedaan yang signifikan pada taraf 1%, dan jika sig: p > 0,05, maka tidak ada beda. Dan karena t-value > (- 2,887>2,04), maka ada perbedaan yang signifikan.; 2) Besar pengaruh strategi TV Commercial terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa di SMP Negeri 5 Yogyakarta dapat dilihat dari bilai bahwa strategi TV Commercial terhadap peningkatan hasil belajar afektif = 0,47 (47%) peningkatan hasil belajar afektif dikarenakan strategi TV Commercial sisanya 53% disebabkan faktor lain seperti faktor lingkungan seperti tempat tinggal dengan hubungan sosial, faktor instrumental seperti guru, kurikulum, sarana prasarana, faktor kondisi fisiologis meliputi kesehatan jasmani dan rohani, dan faktor kondisi psikologis seperti minat, bakat, kecerdasan, dan motivasi siswa. Adapun pengaruh strategi TV Commercial terhadap hasil belajar afektif yang tinggi antara lain: (1) Kemampuan untuk menerima pelajaran dari pendidik; (2) Perhatian peserta didik terhadap materi yang dijelaskan pendidik; (3) Penghargaan perserta didik terhadap pendidik; (4) Hasrat peserta didik untuk bertanya kepada pendidik; (5) Kemauan untuk mempelajari bahan pelajaran lebih lanjut; (6) Kemauan untuk menerapkan hasil pelajaran; (7) Senang terhadap pendidik dan mata pelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi TV Commercial, hasil belajar afektif, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 13:00
Last Modified: 19 Apr 2016 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum