PEMIKIRAN FIKIH INKLUSIF DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI ATAS PEMIKIRAN JALALUDDIN RAKHMAT

AMALIA SUCI CAHYANI, NIM. 12410098 (2016) PEMIKIRAN FIKIH INKLUSIF DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI ATAS PEMIKIRAN JALALUDDIN RAKHMAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN FIKIH INKLUSIF DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI ATAS PEMIKIRAN JALALUDDIN RAKHMAT)
12410098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN FIKIH INKLUSIF DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI ATAS PEMIKIRAN JALALUDDIN RAKHMAT)
12410098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AMALIA SUCI CAHYANI. Pemikiran Fikih Inklusif Jalaluddin Rakhmat dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Jalaluddin Rakhmat). Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah perbedaan yang ada di dunia ini merupakan kuasa Allah agar manusia bisa saling mengenal satu sama lain dan saling melengkapi. Namun kenyataannya, perbedaan menjadi alasan manusia melakukan kekerasan. Seperti yang terjadi di Irak. Perbedaan fikih menjadi alasan mereka melakukan peperangan terhadap saudara mereka sesama pemeluk agama Islam. Masalah kekerasan karena perbedaan fikih ini menjadi dasar Jalaluddin Rakhmat mencetuskan pemikiran Fikih Inklusif. Masalah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Fikih Inklusif Jalaluddin Rakhmat dan juga relevansinya pemikiran tersebut dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini hendak mengungkap pemikiran Fikih Inklusif Jallauddin Rakhmat dan relevansinya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode analisis data yakni content analysis atau analisis isi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan filosofis yakni pemikiran dan perenungan terarah mengenai Fikih Inklusif. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku tulisan Jalaluddin Rakhmat yang berjudul Dahulukan Akhlak di Atas Fikih. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pemikiran Fikih Inklusif Jalaluddin Rakhmat merupakan konsep pemikiran yang mendahulukan toleransi sebagai akhlak Islam dalam menghadapi perbedaan fikih. Seseorang boleh meninggalkan fikihnya dan mengikuti fikih orang lain untuk menghindari pertengkaran dengan dilandasi bahwa setiap pemikiran memiliki peluang kebenaran, dan kebenaran yang ada merupakan rahmat. Pemikiran Fikih Inklusif Jalauddin Rakhmat memiliki relevansi dengan tujuan Pendidikan Agama Islam dilihat dari karakteristik inklusivisme dan dimensi-dimensi tujuan Pendidikan Agama Islam yakni dimensi keimanan, dimensi pemahaman atau penalaran, dimensi penghayatan atau pengalaman batin, dan dimensi pengamalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fikih Inklusif, Tujuan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 16:51
Last Modified: 19 Apr 2016 16:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum