INTEGRASI ‘AQLIYYAH DAN NAFSIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS

NABILA RIZKIA, NIM. 12410112 (2016) INTEGRASI ‘AQLIYYAH DAN NAFSIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI ‘AQLIYYAH DAN NAFSIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS)
12410112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI ‘AQLIYYAH DAN NAFSIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS)
12410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nabila Rizkia Integrasi ‘Aqliyyah dan Nafsiyyah dalam Pembelajaran PAI di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak Banyumas. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah tujuan Pendidikan agama Islam salah satunya untuk membentuk kepribadian, dalam Islam kepribadian di dasarkan pada ‘aqliyyah dan nafsiyyah, SD Islam Darul Falah menggunakan ‘aqliyyah yang mengarah kepada konsep dan nafsiyyah yang mengarahkan kepada praktik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskripttif. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak Banyumas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Integrasi ‘aqliyyah dan nafsiyyah dalam pembelajaran PAI di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak menggunakan dua model yaitu model keterpaduan dan jaringan laba-laba berisi tentang materi PAI di kelas III dibagi menjadi tiga mata pelajaran yaitu Qur’an Hadits, Akidah Akhlak dan Fiqih, guru harus memiliki ciri-ciri memiliki ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan berpikir kreatif, kepekaan sosial, siswa di kelas III sebagai objek pembelajaran ada beberapa ketrampilan yang harus dikembangkan yaitu ketrampilan mengamati, ketrampilan mengklafikasi, ketrampilan menafsirkan, ketrampilan menerapkan dan ketrampilan mengkomunikasikan, metode yang digunakan yaitu metode demontrasieksperimen, metode ceramah variasi, metode reflection, metode pembiasaan, media yang digunakan antara lain buku cetak, video, slide power point, gambar. (2) Implikasi dari Integrasi ‘Aqliyyah dan nafsiyyah dalam Pendidikan Agama Islam di Kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak sebagai berikut menjadikan kepribadian muslim untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia (peserta didik) secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, akal pikiran, diri manusia yang rasioanal, perasaan dan indra, kedua meningkatkan prestasi belajar, meningkatkan hafalan dan meningkatkan ketrampilan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: ‘Aqliyyah, Nafsiyyah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 16:54
Last Modified: 19 Apr 2016 16:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum