INTEGRASI-INTERKONEKSI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUHAMMAD FAJRUL BAHRI, NIM. 12410116 (2016) INTEGRASI-INTERKONEKSI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI-INTERKONEKSI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12410116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI-INTERKONEKSI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12410116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD FAJRUL BAHRI. Integrasi-Interkoneksi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Peserta Didik Kelas XI MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah masih kuat anggapan masyarakat luas bahwa agama dan sains adalah dua entitas yang tidak dapat dipertemukan. Agama tidak memperdulikan sains, dan sains tidak memperdulikan agama Menyadari kondisi tersebut, perlu adanya upaya untuk mensinergikan agama dan sains secara konkret dan berkelanjutan. Dalam hal ini MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi sarana untuk memberikan penanaman integrasi-interkoneksi agama dan sains melalui pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk integrasi-interkoneksi agama dan sains dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas XI MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) Apa saja implementasi dari strategi pembelajaran yang digunakan dalam penerapan integrasi-interkoneksi antara agama dan sains dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini dipilih karena lebih memfokuskan diri pada konsep fenomena tertentu dan bentuk dari studinya adalah untuk melihat dan memahami arti dari suatu pengalaman yang dirasakan terhadap fenomena tersebut. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk integrasiinterkoneksi agama dan sains dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bisa terjadi tetapi hanya melalui ranah pendekatannya saja. Pendekatan yang digunakan (1) pendekatan kontak, dan (2) pendekatan konfirmasi. 2) Strategi pembelajaran yang digunakan untuk menerapkan integrasi-interkoneksi agama dan sains dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits kelas XI MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seperti pembelajaran langsung/ceramah, diskusi, kelompok kerja kecil, kerja sama tim dan pemecahan masalah. Implementasi yang terjadi dari integrasi-interkoneksi agama dan sains dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas XI MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilakukan dengan menghubungkan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang relevan dengan materi integrasi-interkoneksi agama dan sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag.,M.S. W., Ph.D
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 16:56
Last Modified: 19 Apr 2016 16:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum