PERANAN GURU DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

HERU PURNOMO, NIM. 12410128 (2016) PERANAN GURU DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
12410128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
12410128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

HERU PURNOMO. Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Laboratorium Agama Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium agama oleh guru agama Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam dan menganalisis dampak pemanfaatan laboratorium agama terhadap peningkatan motivasi belajar mata pelajaran PAI bagi siswa kelas XI IPA. Latar belakang dalam penelitian ini adalah motivasi belajar PAI siswa yang masih rendah yang dibuktikan dengan kurangnya perhatian siswa ketika pembelajaran PAI dan rendahnya tanggungjawab siswa terhadap tugas. Adanya keinginan siswa untuk belajar dengan situasi yang berbeda dengan di kelas. Hal ini yang menyebabkan guru agama menggunakan sarana pembelajaran berupa laboratorium agama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan laboratoriuma agama oleh guru agama Islam dan bagaimana dampak pemanfaatan laboratorium agama terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dengan pemanfaatan laboratorium agama dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data adalah siswa kelas XI IPA dan Guru Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pertama, guru PAI sebagai pengelola kelas telah menerapkan kedudukan guru tersebut dengan memanfaatkan laboratortorium agama tersebut sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Kedua, sebagai tempat penunjang kegiatan kelas atau sarana kegiatan belajar mengajar (sebagai perangkat lunak). Misalnya, dilakukan praktek perawatan jenazah, praktek tata cara sholat yang benar dan lain-lain. Adanya pembelajaran PAI di laboratorium agama tersebut sudah memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Sehingga kedudukan guru sebagai fasilitator telah dilakukan oleh guru PAI di sekolah tersebut. 2) adanya dampak dari pemanfaatan laboratorium agama terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa yang tidak terlepas dari peranan guru dalam pemanfaatan laboratorium agama tersebut. Dengan adanya indikator peningkatan motivasi belajar siswa tersebut menunjukkan bahwa siswa menyadari akan tujuan mempelajari Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 16:57
Last Modified: 19 Apr 2016 16:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum