HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH YOGYAKARTA

LILI KHOIRUNNISA, NIM. 12410129 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
12410129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
12410129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

LILI KHOIRUNNISA. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah melihat fenomena yang nampak yaitu terdapat pelanggaran yang masih saja dilakukan oleh peserta didik. Beberapa siswa telihat kurang menunjukkan perilaku yang cerdas emosinya. Idealnya, jika siswa mempunyai tingkat kebiasaan membaca Asmaul Husna tinggi, maka ia juga mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang hubungan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta, bagaimana tingkat kebiasaan membaca Asmaul Husna siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta, apakah ada hubungan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta, serta berapa besar kontribusi kebiasaan membaca Asmaul Husna terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan model penelitian populasi dengan subjek berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan skala. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukan dari 30 butir soal kecerdasan emosional, terdapat 27 butir soal yang valid, serta dari 24 butir soal kebiasaan membaca Asmaul Husna, terdapat 20 butir soal yang valid. Untuk hasil analisis reliabilitas, diperoleh output sebesar 0,730 untuk kecerdasan emosional dan 0,719 untuk kebiasaan membaca Asmaul Husna sehingga keduanya dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta berada dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil mean 103,85 yang berada pada kategori “tinggi”. 2) Tingkat kebiasaan membaca Asmaul Husna siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta berada dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan dengan mean 78,85 yang berada dalam kategori “tinggi”. 3) Hubungan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta adalah positif signifikan, hal ini terbukti dengan hasil analisis data statistik product moment sebesar 0,614 dan jika diinterpretasikan dengan tebel nilai rxy maka termasuk dalam kategori “tinggi/kuat”. 4) Kontribusi kebiasaan membaca Asmaul Husna terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta adalah sebesar 37,70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca Asmaul Husna, Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 16:58
Last Modified: 19 Apr 2016 16:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum