HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 GRABAG TAHUN AJARAN 2015/2016

RISTO WAHYUDI, NIM. 12410134 (2016) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 GRABAG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 GRABAG TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 GRABAG TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

Risto Wahyudi. Hubungan antara Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMA N 1 Grabag Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan internet dalam kegiatan pembelajaran selain sebagai salah satu inovasi di bidang pendidikan yang menyesuaikan dengan kemajuan zaman juga dapat menambah pengetahuan yang tanpa batas. Yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan intensitas penggunaan internet dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara intensitas penggunaan internet dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 265 siswa dengan jumlah sampel 135 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukan dari 24 butir instrumen terdapat 23 butir instrument terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.915 untuk intensitas penggunaan internet siswa. Untuk prestasi belajar data menggunakan nilai uas PAI siswa. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Intensitas penggunaan internet siswa kelas XI SMA N 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat baik yaitu terletak pada interval 83-92.(2) Prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat baik yaitu terletak pada interval 88- 92.(3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa, semakin tinggi intensitas penggunaan internet maka semakin tinggi prestasi belajar siswa dan semakin rendah intensitas penggunaan internet siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan koefisien relasi sebesar 0.567 sementara rtabel 5% sebesar 0.176, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0.000 < 0.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variable tersebut signifikan antara intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 17:00
Last Modified: 19 Apr 2016 17:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum