PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP SPIRIT ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN EKONOMI ISLAM TERPADU DAARUL FALAAH YOGYAKARTA

MAZHABUL IMAM, NIM. 12410137 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP SPIRIT ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN EKONOMI ISLAM TERPADU DAARUL FALAAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP SPIRIT ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN EKONOMI ISLAM TERPADU DAARUL FALAAH YOGYAKARTA)
12410137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP SPIRIT ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN EKONOMI ISLAM TERPADU DAARUL FALAAH YOGYAKARTA)
12410137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

MAZHABUL IMAM. Pengaruh motivasi belajar agama Islam terhadap spirit entrepreneurship santri di Pondok Pesantren Ekonomi Islam Daarul Falaah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa spirit Entrepreneurship merupakan sebuah jawaban dan solusi untuk mengurangi pengangguran di suatu neraga dan membentuk entrepreneur yang kuat jiwa, mental, semangat dengan dasar memiliki motivasi agama yang kuat sehingga peduli terhadap orang lain. dan menjadi wirausaha syar’i. Permasalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi agama Islam terhadap spirit entreprenurship santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar agama Islam terhadap spirit entrepreneurship santri. Penlitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua santri Pesantren Ekonomi Islam Terpadu Daarul Falaah Yogyakarta sebanyak 33 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir instrument terdapat 32 butir instrument yang valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan nilai koefesien reliabilitas sebesar 0.969 untuk motivasi belajar agama Islam, dan untuk spirit entrepreneurship santri dengan nilai koefesien reliabilitasnya menunjukkan hasil sebesar 0.944. analisis data meliputi analisis deskriptif dan anlisis korelasi product moment serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar Agama Islam Santri berada pada kategori cukup baik, terletak pada angka 95 – 108 dengan frekuensi relatif sebesar 24.24 %. (2) spirit entrepreneurship santri dapat dinyatakan bahwa Santri Pesantren Ekonomi Islam Daarul Falaah berada pada kategori cukup baik, terletak pada angka 94 – 109 dengan frekuensi relatif 33.33 %. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar Agama Islam terhadap spirit entrepreneurship santri. Semakin tinggi motivasi belajar Agama Islam Santri semakin tinggi spirit entrepreneurship santri, Semakin rendah motivasi belajar Agama Islam Santri semakin rendah pula spirit entrepreneurship santri. Hal ini ditunjukkan koefesian relasi sebesar 0.929.Sig. = 0,000 > α=0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima karena signifikansi 0.000 < 0.005 maka Ho ditolak yang berarti bahwa koefesien regresi spirit entrepreneurship signifikan mempengaruhi motivasi belajar agama Islam santri PEIT Daarul Falaah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar,Agama, Spirit, Entrepreneurship
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 17:01
Last Modified: 19 Apr 2016 17:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum