UPAYA CIVITAS AKADEMIKA SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEARIFAN LOKAL

AHMAD RIYANTO, NIM. 12410156 (2016) UPAYA CIVITAS AKADEMIKA SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEARIFAN LOKAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA CIVITAS AKADEMIKA SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEARIFAN LOKAL)
12410156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA CIVITAS AKADEMIKA SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEARIFAN LOKAL)
12410156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (974kB)

Abstract

AHMAD RIYANTO. Upaya Civitas Akademika SMA Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa melalui Kearifan Lokal. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya tingkat religiusitas siswa SMA saat ini yang ditunjukkan dari banyaknya pelanggaran, penyimpangan, dan tindakan kriminal yang dilakukan siswa SMA saat ini. Siswa SMA saat ini juga kebanyakan lebih tertarik dengan budaya asing ketimbang budaya lokal dari daerahnya, sehingga sedikit demi sedikit budaya, tradisi lokal dari negeri ini terkikis habis oleh budaya asing. Salah satu SMA di Kabupaten Kebumen yang menggunakan kearifan lokal atau budaya lokal sebagai upaya dalam meningkatkan religiusitas siswanya yaitu SMA Negeri 1 Karanganyar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya, hasil yang dicapai, dan faktor yang mempengaruhi upaya yang dilakukan civitas akademika sekolah dalam meningkatkan religiusitas siswanya melalui kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya yang dilakukan civitas akademika SMA Negeri 1 Karanganyar untuk meningkatkan religiusitas siswanya melalui kearifan lokal, hasil yang dapat dicapai dari upaya tersebut, dan faktor yang mempengaruhi dari upaya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif yaitu analisis yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang telah dikumpulkan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Upaya yang dilakukan civitas akademika SMA Negeri 1 Karanganyar untuk meningkatkan religiusitas siswanya melalui kearifan lokal yaitu dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai media dan sumber belajar siswa, membuat lingkungan sekolah yang berbasis kearifan lokal, dan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah. (2) Hasil yang dicapai dari upaya tersebut yaitu siswa mengalami peningkatan religiusitas dalam hal ketaatan menjalankan ibadah, berperilaku terpuji, melestarikan lingkungan alam, dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa. (3) Faktor pendukung upaya tersebut yaitu dorongan visi dan misi sekolah, adanya fasilitas yang memadai, adanya dukungan dari seluruh warga sekolah, dan dengan adanya dukungan dari orang tua atau wali siswa. Faktor penghambat upaya tersebut yaitu tidak ada jadwal tetap untuk beberapa kegiatan, waktu kegiatan yang kurang lama, kapasitas mushola yang kurang memadai, dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Apr 2016 10:06
Last Modified: 19 Apr 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item