TARJAMAH AL KITAB ZAWJAT AL NABIY MUHAMMAD WA HIKMAH TA'ADUDDIHINNA LI AL USTAZ ABDULGHANI ABDURRAHMAN MUHAMMAD WA MUSHKILAH TARJAMAH HURUF AL JARR FIHI (DIRASAH AL TARJAMAH AL TAHLILIYYAH)

REZA BAKHTIAR RAMADHAN, NIM. 11110140 (2016) TARJAMAH AL KITAB ZAWJAT AL NABIY MUHAMMAD WA HIKMAH TA'ADUDDIHINNA LI AL USTAZ ABDULGHANI ABDURRAHMAN MUHAMMAD WA MUSHKILAH TARJAMAH HURUF AL JARR FIHI (DIRASAH AL TARJAMAH AL TAHLILIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARJAMAH AL KITAB ZAWJAT AL NABIY MUHAMMAD WA HIKMAH TA'ADUDDUHUNNA LI AL USTAZ ABDULGHANI ABDURRAHMAN MUHAMMAD WA MUSHKILAH TARJAMAH HURUF AL JARR FIHI (DIRASAH AL TARJAMAH AL TAHLILIYYAH))
11110140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (TARJAMAH AL KITAB ZAWJAT AL NABIY MUHAMMAD WA HIKMAH TA'ADUDDUHUNNA LI AL USTAZ ABDULGHANI ABDURRAHMAN MUHAMMAD WA MUSHKILAH TARJAMAH HURUF AL JARR FIHI (DIRASAH AL TARJAMAH AL TAHLILIYYAH))
11110140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menerjemah secara umum adalah memindahkan gagasan, ide atau pikiran suatu bahasa ke dalam bahasa lain. kali ini peneliti akan membahas tentang problematika tentang penerjemahan huruf-huruf jar yang maknamaknanya tidak selalu sama dengan makna yang terdapat didalam kamus, karena huruf-huruf jar memiliki makna yang berbeda. Timbulah permasalahan bagaimana cara menerjemahkan setip dari pada huruf-huruf jar tersebut hingga dapat dipahami dengan mudah dan tidak merusak makna dari teks aslinya. Skripsi ini mengambil dari Kitab “ Zaujatun An-nabiy Muhammad SAW wa Hikmah Ta’addudihinna “kitab yang dikarang oleh Al-Ustadz „Abd Al- Ghaniy Abd Ar-Rahman Muhammad, seorang berkebangsaan mesir. Beliau adalah seorang tenaga pengajar disalah satu akademi seni musik di mesir. Beliau menulis kitab ini karena prihatin oleh keadaan pada masa kini, khususnya bagi para generasi muda masa kini yang banyak diantara mereka tidak mengetahui hakikat sebenarnya tentang makna poligami yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Lantas beliau terdorong untuk menulis kitab “ Zaujatun An-nabiy Muhammad SAW wa Hikmah Ta’addudihinna “ sebagai penjelas tentang masalah poligami secara ilmiah. Dalam peneliatian ini, kami akan memfokuskan penelitian pada masalah problematika penerjemahan huruf-huruf jar pada kitab tersebut, diantara jenis-jenis huruf dalam bahasa Arab adalah harfu jar, huruf jar terdiri dari: , هن الى, عن, على, في, رب, الباء, الكاف, الام, واو القسن, تاء القسن, باء القسن, حتى . masing-masing huruf tersebut memiliki makna tersendiri. Dalam penelitian ini kami menemukan beberapa makna huruf-huruf jar yang berbeda-beda. Salah satu contohnya, yakni huruf ) ب )الباء diterjemahkan dengan “dengan”, demikian juga dengan إلى diterjemahkan dengan “ke/kepada”, Tetapi ternyata masingmasing huruf dimaksud tidak saja memiliki satu makna justru mengandung makna-makna lain ketika huruf tersebut telah masuk dalam struktur kalimat bahasa arab. Seperti huruf ) ب )الباء , tidak hanya diterjemahkan dengan “dengan” tetapi dalam konteks yang berbeda bisa saja diterjemahkan menjadi “karena”, seperti dalam potongan ayat berikut; فكلاّ أخذنا بذنبه “Maka masingmasing (mereka itu) Kami azab karena dosa-dosanya” (QS.Al-Ankabut:40). Bisa juga diterjemahkan dengan “di/dalam” seperti dalam potongan ayat berikut: ولقد نصزكن الله ببدر “ Dan sungguh, Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar” (QS:Ali „Imran:123). Dengan demikian setiap menerjemahkan huruf jar harus melihat syiyaq al-kalam nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Tarjamah, Zaujatun An-nabiy Muhammad SAW wa Hikmah Ta’addudihinna
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:37
Last Modified: 02 Jun 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum