PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (TELAAH DARI PERSPEKTIF JOHN DEWEY)

ENNY FADLILAH, NIM. 12410164 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (TELAAH DARI PERSPEKTIF JOHN DEWEY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (TELAAH DARI PERSPEKTIF JOHN DEWEY))
12410164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (TELAAH DARI PERSPEKTIF JOHN DEWEY))
12410164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ENNY FADLILAH. Pelaksanaan Pendidikan Progresif dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 5 Yogyakarta (Telaah dari Perspektif John Dewey). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Pendidikan adalah sebuah proses panjang dimana setiap siswa akan diarahkan menjadi manusia seutuhnya. Karena pendidikan adalah hal paling penting untuk membangun bangsa. Maka muncullah konsep-konsep pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan Progresif. Pendidikan progresif John Dewey adalah pendidikan yang mana lawan dari pendidikan tradisional. Pendidikan progresif meletakkan siswa sebagai pusat pembelajaran dan diberi peran aktif untuk melaksanakan proses pendidikannya. Pendidikan progresif adalah pendidikan dimana guru bukanlah subjek dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah masyarakat sekolah di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alasan pelaksanaan pendidikan progresif John Dewey dalam pembelajaran PAI di SMA N 5 Yogyakarta adalah: a) membawa pendidikan dan pembelajaran PAI kearah yang progresif, b) merubah pendidikan otoriter menjadi pendidikan demokratis, c) menyesuaikan pola pendidikan dengan kebutuhan siswa, d) mengaktifkan siswa dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, dan e) menjadikan sekolah sebagai agen rekonstruksi sosial dan moral. 2) Pelaksanaan pendidikan Progresif John Dewey dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 5 Yogyakarta adalah: 1) Pelaksanaan pendidikan pogresif dilaksanakan dalam pembelajaran PAI di kelas dengan cara: a) mengawali pembelajaran dengan memberi motivasi kepada siswa, b) melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual, c) melibatkan siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran, d) menumbuhkan peran aktif siswa dalam pembelajaran, e) Mengajak siswa untuk perprikir kritis secara mandiri dan problem solving, f) Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar. 2. Dilaksanakan dalam proses pelaksanaan kegiatan pengembangan PAI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Kegiatan pengembangan PAI di SMA N 5 diantaranya: a) Rohis Darussalam, b) ekstrakurikuler agama, dan c) event keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Progresif, John Dewey, dan Pembelajaran PAI .
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 17:14
Last Modified: 19 Apr 2016 17:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum