NILAI PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013

SITI NUR ROKHMAH, NIM. 12410187 (2016) NILAI PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013)
12410187_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013)
12410187_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SITI NUR ROKHMAH Nilai Pendidikan Politik dalam Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Kurikulum 2013. Skripsi Yogyakarta Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam itu terdapat banyak nilai yang dapat diambil, misalnya nilai nilai moral, nilai sosial, dan tak terkecuali nilai pendidikan politik. Pendidikan politik merupakan suatu hal yang sangat penting. Pendidikan politik merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban, serta tanggungjawabnya sebagai warganegara. Pendidikan politik, sebenarnya lebih mengarah untuk menanamkan jiwa nasionalisme. Sehingga dapat membentengi dari paham-paham yang mengancam keutuhan bangsa, terutama paham yang berdasarkan kepada agama. Namun pada kenyataannya pendidikan politik kurang memiliki ruang yang strategis untuk mensosialisasikan. Dan sejatinya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini dapat digunakan sebagai refensi dalam mempelajari politik. Jadi asumsi orang-orang yang mana mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam itu hanya memperlajari tokoh, tahun, atau tempat yang sarat akan peristiwa penting itu haruslah dihilangkan. Karena pengambilan ibrah (pelajaran) dari setiap kejadian itulah yang seharusnya lebih ditekankan. Penelitian ini merupakan penelitian library research(penelitian pustaka). Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel, dan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan nilai pendidikan politik. Sedangkan dalam analisis datanya penulis menggunakan metode content analysis (analisis isi), yaitu dengan cara penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks. Hasil penelitian terhadap Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Kurikulum 2013 adalah: (1) Buku tersebut mengacu kepada Kurikulum 2013, sehingga terdapat keistimewaan, diantaranya terdapat peta konsep di awal setiap babnya sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami isi materi yang akan dibahas. Adanya panduan langkah-langkah dalam pembelajaran.Terlepas dari keistimewaan yang ada, buku tersebut juga terdapat kekurangan. Di antaranya adanya keracuhan dalam penerapan kompetensi inti dan kompetensi dasar, serta belum menerapkan Ibrah yang bisa diambil manfaatnya bagi kehidupan sekarang (kontekstualisasi). (2) Terdapat nilai pendidikan politik dalam Buku Siswa Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Kurikulum 2013 yaitu: Rasa kesadaran berideologi dan bernegara serta berbangsa, Rasa toleransi beragama, Motivasi berprestasi, Kepercayaan pada kesamaan hak, keadilan sosial pada penghormatan atas harkat dan martabat manusia, Rasa kemampuan politik dan kemampuan pribadi untuk mewujudkan kebutuhan dan menyatakan keinginannya dalam politik, Disiplin sosial dan nasional, Kepercayaan kepada pemerintahan, dan Kepercayaan kepada pembangunan yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:47
Last Modified: 20 Apr 2016 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum