UPAYA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA DALAM MENANAMKAN KONSEP JIHAD UNTUK MENANGKAL POTENSI TERORISME

MASRUR RIDWAN, NIM. 12410194 (2016) UPAYA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA DALAM MENANAMKAN KONSEP JIHAD UNTUK MENANGKAL POTENSI TERORISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA DALAM MENANAMKAN KONSEP JIHAD UNTUK MENANGKAL POTENSI TERORISME)
12410194_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA DALAM MENANAMKAN KONSEP JIHAD UNTUK MENANGKAL POTENSI TERORISME)
12410194_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

MASRUR RIDWAN. Upaya Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dalam Menanamkan Konsep Jihad untuk Menagkal Potensi Terorisme. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah beredarnya paham ataupun provokasi terorisme mengatasnamakan jihad telah menyebabkan kerugian bagi masyarakat luas. Idealnya jihad tidak hanya dipahami secara sempit dalam artian perang saja, namun harus dipahami secara komprehensif yang mencakup pengertian, sebab perang serta bentuk-bentuk jihad. Pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dari itu diperlukan peran pendidikan agama Islam dalam memberikan pengetahuan tentang konsep jihad secara menyeluruh kepada peserta didik agar jihad tidak hanya dipahami secara sebelah mata sebagai perang mengangkat pedang, sehingga dapat menghindarkan peserta didik dari terorisme khususnya yang mengatasnamakan jihad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, wawancara dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yaitu dengan mengecek data ke beberapa sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep jihad yang dipahami di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta adalah usaha yang dilakukan dengan kesungguhan untuk mencari ridha Allah. Bentuk-bentuk jihad itu terdiri dari jihad dengan harta benda, jihad dengan ilmu pengetahuan, jihad dengan melawan hawa nafsu dan jihad dengan jalan dakwah. Konsep jihad tersebut disampaikan melalui ceramah umum, kegiatan diskusi dengan para pengurus serta melalui kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi dan dikontekstualisasikan dengan kondisi kekinian yaitu terorisme dan juga memberikan pengetahuan tentang dampak serta akibat yang ditimbulkan dari terorisme. Dalam pembelajaran tersebut konsep jihad disampaikan secara runtut dan menyeluruh. Pembelajaran yang dilakukan di pesantren telah memberikan pandangan yang luas mengenai jihad dan terorisme bagi kalangan santri, sehingga dapat memperkecil ruang bagi para santri terjerumus kedalam ajakan-ajakan ataupun provokasi terorisme yang mengatasnamakan jihad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:51
Last Modified: 20 Apr 2016 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum