IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS SISWA STUDI KOMPARATIF DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

INNANA NILNA MASROH, NIM. 12410196 (2016) IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS SISWA STUDI KOMPARATIF DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS SISWA STUDI KOMPARATIF DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
12410196_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS SISWA STUDI KOMPARATIF DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
12410196_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Innana Nilna Masroh (12410196) Implementasi Budaya Religius Studi Komparatif di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi budaya religius siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta melalui program sekolah yaitu: berdoa sebelum dan sesudah belajar, SMUTLIS (Sepuluh Menit untuk Lingkungan Sekitar) dan cleaning time, tilawah, tafsir dan tahsin, daurah al-Qur‘an, MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa), pendidikan karakter, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, bakti sosial. sedangkan program asramanya yaitu: tilawah, tahfidz, sholat berjamaah, sholat tahajud, puasa senin kamis, muhadhoroh. Untuk implementasi siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta ditinjau dari program sekolah yaitu: berdoa sebelum dan sesudah belajar, sholat dhuha, ABAS (Amal Bakti Santri), sholat dhuhur berjamaah. sedangkan program asrama yaitu: sholat tahajud, puasa senin kamis, tilawah, tahfidz dan tafsir, sholat berjamaah. (2) SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tidak mewajibkan siswanya dalam menjalankan ibadah sunnah senin kamis dan strategi yang mereka gunakan dalam mewujudkan budaya religius ialah Normative re-educative, norma merupakan aturan yang berlaku di masyarakat, dan norma termasyarakatkan melalui pendidikan. Normative digandeng dengan re-educative (pendidikan ulang) untuk menanamkan dan mengganti paradigma warga sekolah yang lama dengan yang baru. Berbeda dengan SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yang mewajibkan siswanya untuk menjalankan ibadah sunnah puasa senin kamis. Sedangkan strategi yang mereka gunakan dalam mewujudkan budaya religius yaitu Normative re-educative, norma merupakan aturan yang berlaku di masyarakat, dan norma termasyarakatkan melalui pendidikan. Normative digandeng dengan re-educative (pendidikan ulang) untuk menanamkan dan mengganti paradigma warga sekolah yang lama dengan yang baru. (3) Faktor yang mempengaruhi perbedaan budaya religius siswa adalah letak geografis sekolah, latar belakang orang tua, teman sebaya (peer group), kebijakan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:53
Last Modified: 20 Apr 2016 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum