HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 12410203 (2016) HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410203_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410203_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

KHUSNUL KHOTIMAH. 12410203. Hubungan Pengamalan Nilai-nilai Agama Islam dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya nilai- nilai Agama Islam mendasari seluruh aktifitas manusia. Siswa dengan tingkat pengamalan nilai-nilai Agama Islam yang tinggi juga mempunyai prestasi belajar mata pelajaran matematika yang tinggi. Namun dalam kenyataannya, pengamalan nilai-nilai Agama Islam kurang diberikan akses dan tingkatannya berada dibawah mapel lain. Siswa dan guru kurang menyadari adanya integrasi antara pengamalan nilai-nilai Agama Islam dan prestasi belajar mata pelajaran matematika. Oleh karena itu penelitian tentang hubungan pengamalan nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika perlu dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan tingkat pengamalan nilai- nilai Agama Islam siswa, untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa, dan untuk menguji secara empiris hubungan antara pengamalan nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Dengan teknik proportional cluster random sampling diambil 75 siswa dengan sistem undian. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menujukkan 27 dari 30 item pertanyaan yang diujicobakan kepada 28 siswa terbukti valid. Uji reliabilitas menunjukkan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,915. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi produk momen person. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat pengamalan nilai-nilai Agama Islam siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta secara umum sedang. (2) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta keseluruhan tinggi. (3) Tidak ada hubungan positif antara pengamalan nilai-nilai Agama Islam dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. rxy= -(0,053) < rtabel dengan N=75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:56
Last Modified: 20 Apr 2016 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum