STRATEGI GURU FIQH DALAM MENGAJARKAN MATERI FIQH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH KEPADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1

FUAD AMANU MUKTI, NIM. 12410214 (2016) STRATEGI GURU FIQH DALAM MENGAJARKAN MATERI FIQH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH KEPADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU FIQH DALAM MENGAJARKAN MATERI FIQH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH KEPADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1)
12410214_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU FIQH DALAM MENGAJARKAN MATERI FIQH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH KEPADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1)
12410214_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fuad Amanu Mukti (12410214). Strategi Guru Fiqh dalam Mengajarkan Materi Fiqh yang Bersifat Khilafiyah kepada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Islam agama yang mengajak kepada persaudaraan yang terwujud dalam persatuan dan solidaritas, saling menolong dan membantu, serta mengecam perpecahan dan perselisihan. Tetapi dengan menjamurnya mazhab dan sekte dalam umat Islam berdampak buruk bagi perkembangan kaum muslimin. Ajaran Islam yang mengajarkan kemurahan hati, belas kasih, dan perdamaian, telah dinodai penganutnya yang fanatik dengan mazhab sehingga banyak pertumpahan darah karenanya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apa saja materi fiqh yang bersifat khilafiyah, bagaimana strategi guru fiqh dalam menyampaikan materi fiqh yang bersifat khilafiyah, dan kendala yang dihadapi guru fiqh dalam menyampaikan materi fiqh yang bersifat khilafiyah kepada siswa di madrasah aliyah negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang strategi guru fiqh dalam mengajarkan materi fiqh yang bersifat khilafiyah kepada siswa di madrasah aliyah negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan kualitatif, dengan mengambil latar madrasah aliyah negeri Yogyakartta 1. Pengumpulan data dilakukan degan mengadakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Materi fiqh yang bersifat khilafiyah yaitu zakat (tanaman yang wajib dizakati), haji (waktu pelemparan jumrah sebelum terbitnya matahari), wakaf, had (peminum minuman keras), mencuri (batas nisab barang yang dicuri), melihat wanita yang akan dinikahi, prinsip kafa’ah dalam pernikahan, menikahi perempuan yang berzina, istihsan, istibhab, mashalih almursalah, dalalat al-iqtiran, syar’u man qoblana, mazhab para sahabat, saddu aldzari’ah. (2) Strategi yang digunakan oleh guru fiqh di madrasah aliyah negeri Yogyakarta 1 bersifat penuh toleransi dalam mengajarkan materi fiqh yang bersifat khilafiyah. Untuk menyelesaikan persoaalan khilafiyah tersebut maka digunakan kaidah-kaidah fiqh. Dengan kaidah fiqh tersebut mereka berusaha untuk memecahkan persoalan khilafiyah secara arif dan bijak. (3) Semua guru fiqh di madrasah aliyah negeri Yogyakarta 1 mengaku tidak ada kendala sama sekali dalam menyampaikan materi fiqh yang bersifat khilafiyah kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:00
Last Modified: 20 Apr 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum