KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

NURFIYANI DWI PRATIWI, NIM. 12410215 (2016) KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410215_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN IBADAH SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410215_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurfiyani Dwi Pratiwi (12410215). Kemitraan Sekolah dan Orang Tua dalam Penanaman Kedisiplinan Ibadah Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah, sebagai lembaga pendidikan, orang tua dan sekolah mempunyai peran penting dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, kemitraan antara keduanya mutlak diperlukan untuk menyelaraskan pendidikan siswa dirumah dan sekolah. Tujuan pendidikan Islam harus selaras dengan tujuan diciptakan manusia oleh Allah, yang tak lain adalah untuk beribadah kepada-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kemitraan sekolah dan orang tua dalam penanaman kedisiplinan ibadah siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kemitraan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Sosiologi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini memperlihatkan terjadinya kontak sosial yang positif, yaitu kontak sosial yang mengarah pada kemitraan. Kontak sosial terjadi secara langsung dan tidak langsung, kontak sosial langsung terjadi seperti saat pertemuan wali siswa dan kontak sosial tidak langsung terjadi melalui surat-menyurat. Kemudian hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk kemitraan sekolah dan orang tua dalam penanaman kedisiplinan ibadah siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta meliputi pertemuan guru dan orang tua, surat-menyurat antara sekolah dan orang tua, kegiatan home visit, keterlibatan orang tua dalam acara sekolah, perkumpulan orang tua dan guru dalam bentuk komite sekolah, dan laporan berkala melalui buku monitoring. (2) Adapun faktor pendukung dalam kemitraan tersebut adalah kompetensi sosial guru, minat dan perhatian orang tua dalam pendidikan anak, dan akses sekolah yang terbuka terhadap orang tua. Kemudian faktor penghambatnya meliputi pendidikan dan pekerjaan orang tua serta beban administrarif guru yang juga menyita waktu guru di luar jam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:07
Last Modified: 20 Apr 2016 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum