ANALISIS ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK)

SITI KHOIRIYAH, NIM. 12410228 (2016) ANALISIS ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
12410228_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
12410228_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

SITI KHOIRIYAH. Analisis Isi Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII (Perspektif Psikologi Perkembangan Peserta Didik). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah fakta yang terjadi dalam dunia pendidikan, masih banyak ditemukan kasus tentang uraian materi dalam buku Pendidikan Agama Islam yang belum sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Salah satu solusi untuk membantu permasalahan tersebut adalah dengan selalu memperbaiki penyajian dalam buku teks yang disesuaikan dengan tingkat psikologi perkembangan peserta didik. Polemik kebijakan baru Kurikulum 2013 sebagai perbaikan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadikan Kemendikbud juga menyediakan buku pelajaran untuk siswa sebagai bahan ajar di sekolah. Maka bagaimana kesesuaian isi materi buku PAI dan Budi Pekerti berdasarkan perspektif psikologi perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis isi buku PAI dan Budi Pekerti berdasarkan perspektif psikologi perkembangan dimensi biologis, kognitif dan sosio-emosional. Penelitian ini merupakan penelilitian kepustakaan atau Library research, yaitu data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka. Dalam menghimpun data, peneltian ini dari dua macam sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan konsep psikologi perkembangan peserta didik kemudian digunakan untuk menganalisis isi buku PAI dan Budi Pekerti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Materi yang disajikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti untuk jenjang SMP kelas VII telah sesuai berdasarkan psikologi perkembangan peserta didik dimensi biologis, 2) Materi yang disajikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti untuk jenjang SMP kelas VII telah sesuai berdasarkan psikologi perkembangan peserta didik dimensi kognitif, 3) Materi yang disajikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti untuk jenjang SMP kelas VII telah sesuai berdasarkan psikologi perkembangan peserta didik dimensi sosioemosional. Namun ada beberapa catatan bahwa dalam buku PAI dan Budi Pekerti belum terdapat pemaparan materi yang dikaitkan langsung dengan kasus atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (problem solving) sehingga uraian materi dalam buku PAI dan Budi Pekerti belum mencapai pada tahap operasional formal peserta didik. Kemudian berkaitan dengan masalah kematangan seksual remaja, misalnya materi haid, istihadoh, ihtilam (keluarnya air mani karena mimpi basah) dan kaitanya dengan kesehatan reproduksi remaja. Kemudian belum terdapat pemaparan materi yang dikaitkan langsung dengan kasus atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (problem solving) sehingga uraian materi dalam buku PAI dan Budi Pekerti belum mencapai pada tahap operasional formal peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Buku PAI dan Budi Pekerti, Psikologi Perkembangan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:10
Last Modified: 20 Apr 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum