PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PARA PREMAN (STUDI KASUS PEMBINAAN KEAGAMAAN OLEH ORGANISASI MASYARAKAT GADA DEWA DI KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH)

KHOIRUL ANAM, NIM. 12410259 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PARA PREMAN (STUDI KASUS PEMBINAAN KEAGAMAAN OLEH ORGANISASI MASYARAKAT GADA DEWA DI KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PARA PREMAN (STUDI KASUS PEMBINAAN KEAGAMAAN OLEH ORGANISASI MASYARAKAT GADA DEWA DI KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH))
12410259_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PARA PREMAN (STUDI KASUS PEMBINAAN KEAGAMAAN OLEH ORGANISASI MASYARAKAT GADA DEWA DI KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH))
12410259_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

KHOIRUL ANAM. Pendidikan Karakter bagi Para Preman (Studi atas Model Pembinaan Keagamaan Organisasi Masyarakat Gada Dewa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah terdapat beberapa pemuda yang mengalamai degradasi moral. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pendidikan karakterb dan hasilnya dalam model pembinaan keagamaan terhadap preman dalam upaya memberantas premanisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode, hasil, organisasi masyarakat Gada Dewa yang dibentuk oleh pihak pondok pesantren Darussalam dalam membina orang-orang yang menyimpang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah anggota organisasi masyarakat Gada Dewa di Kabupaten Magelang sebanyak 11 orang yang terdiri atas pengurus, anggota, dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Populasi peneltian ini adalah pengurus dan anggota organisasi masyarakat Gada Dewa serta masyarakat setempat. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode yang digunakan dalam pembinaan adalah dengan menggunakan metode integrasi dan internalisasi nilai, metode keteladanan, metode kedisiplinan, metode pembiasaan, dan metode pembelajaran. (2) Hasil dari pembinaaan keagamaan berupa perubahan pengetahuan moral (moral knowing) yang meliputi kesadaran moral, pengetahuan nilai dan pengetahuan pribadi. Perubahan perasaan moral (moral feeling) yang meliputi hati nurani, empati, kendali diri, dan kerendahan hati. Perubahan tindakan moral (moral behavior) yang meliputi kompetensi moral, keinginan yang baik, dan kebiasaan yang baik. Pembelajaran yang baik, keteladanan serta integrasi dan internalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:22
Last Modified: 20 Apr 2016 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20224

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum