PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG ISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER” (STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)

ARFAN SODIK, NIM. 12410267 (2016) PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG ISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER” (STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG ISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER” (STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA))
12410267_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG ISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER” (STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA))
12410267_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Arfan Sodik (12410267). Pembelajaran Fiqih tentang Isu-isu Krusial “Kesetaraan Gender” (Studi Kasus Kelas XI di MAN Lab UIN) 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Latar belakang penelitian ini adalah,MAN Lab UIN Yogyakarta sebagai sekolah agama yang menonjol dengan segudang prestasinya, dan yang mempunyai motto “prestasi menjadi tradisi”. Walaupun peserta didiknya kebanyakan perempuan dan dalam pembelajaranpun harus mempunyai rasa kesetaraan yang sama. Apalagi kelas XI yang sedang mengalami perkembangan diri dan proses mencari jati diri,sehingg untuk meningkatkan sikap kesetaraan antar sesama perlu adanya bimbingan dan pembelajaran fiqih yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran fiqih tentang isu-isu krusial “kesetaraan gender” kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran fiqih dan implikasi kesetaraan perspektif peserta didik terkait tentang kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Psikologi Pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fiqih dan peserta didik kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi yang berkaitan dengan kesetaraan gender meliputi: kepemimpinan wanita, hakim wanita, pinangan dari pihak wanita,pembagian harta warisan, zina dan pembunuhan Didalam materi tersebut terkait kesetaraan gender, bahwasannya laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama tanpa membedakan jenis kelamin atau gendernya. (2) metode dan strategi pembelajaran dalam fiqih terkait kesetaraan gender pada kelas XI dapat disimpulkan ada beberapa metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, jigsaw learning. Metode dan strategi menjadi penting dalam pembelajaran karena akan mempengaruhi dalam proses dan akan berefek pada hasil serta pada sikap peserta didik yang diharapkan. (3) implikasi proses pembelajaran fiqih tentang kesetaraan gender terhadap perspektif peserta didik. Dalam kegiatan proses pembelajaran akan berefek pada cara pandang peserta didik dan akan dirasakan oleh peserta didik tentang sesuatu yang diterima oleh peserta didik. Dalam materi yang berkaitan dengan kesetaraan gender ini sangat bagus bagi peserta didik, yang nantinya akan meningkatkan rasa toleransi yang tinggi pada peserta didik, karena cara pandang terhadap kesetaraan gender secara gamblang dan jelas tanpa menimbulkan salah tafsir ataupun salah faham. Sikap saling menghargai akan tumbuh dan sikap selalu menjunjung tinggi kesamaan serta peserta didik laki-laki maupun peserta didik perempuan mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam hal apapun tanpa membedakan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:25
Last Modified: 20 Apr 2016 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum