PROGRAM MENTORING PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA KELAS X (STUDI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)

MUHAMMAD FAJAR, NIM. 12410271 (2016) PROGRAM MENTORING PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA KELAS X (STUDI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM MENTORING PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA KELAS X (STUDI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA))
12410271_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM MENTORING PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA KELAS X (STUDI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA))
12410271_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)

Abstract

Muhammad Fajar (12410271). Program Mentoring PAI dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Kelas X (Studi Pembelajaran Di SMAN 5 Yogyakarta) 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. SMAN 5 Yogyakarta mempunyai program mentoring untuk memperkuat keagamaan siswa. Adapun keunggulan dari mentoring tersebut adalah menguatkan landasan keagamaan para siswa. Perekrutan mentor dilakukan dengan ketat dan pelaksanaannya secara terstruktur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Pengambilan sample peneltian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Mentor, dan peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan mentoring di SMA Negeri 5 Yogyakarta dilaksanakan secara terstruktur meliputi perencanaan kegiatan mentoring, pelaksanaan kegiatan mentoring, dan evaluasi kegiatan mentoring. Perencanaan mentoring terdiri dari dua kegiatan yaitu menyeleksi mentor dan mengelompokkan mentee, pelaksanaan mentoring terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu pembukaan, membaca Al-Qur’an, penyampaian materi, dan tanya jawab seputar permasalahan keagamaan. Kemudian evaluasi diadakan untuk mengevaluasi mentee dan mentor. (2) Kegiatan mentoring mampu meningkatkan religiusitas para peserta didik khususnya kelas X yang wajib mengikuti kegiatan mentoring, dan mentoring menjadi salah satu faktor keberhasilan baiknya religiusitas dimensi pengamalan peserta didik di SMAN 5 Yogyakarta dan didukung oleh keaktifan peserta didik untuk mengikuti kegiatan mentoring. (3) faktor pendorong dalam kegiatan ini yaitu visi misi sekolah, dukungan dari pihak sekolah, kegiatan wajib kelas X, loyalitas alumni sebagai mentor, keteladanan guru dan mentor, motivasi dari dalam diri peserta didik, sarana dan prasarana yang mendukung, adanya program tambahan dalam mentoring. Adapun faktor penghambat dalam kegiatan ini yaitu isu-isu negatif terhadap islam, jadwal peserta didik yang berbenturan, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:26
Last Modified: 20 Apr 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum