PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA PASANGAN KARIR DI DUSUN KARANG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

MUHAMMAD FAHMI, NIM. 09350012 (2016) PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA PASANGAN KARIR DI DUSUN KARANG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA PASANGAN KARIR DI DUSUN KARANG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
09350012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA PASANGAN KARIR DI DUSUN KARANG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
09350012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga adalah pasangan suami istri baik mempunyai anak atau tidak sama sekali, artinya sumi istri yang terbentuk melalui perkawinan, hidup bersama dari seorang pria dan wanita, dari hal itu terletak pula segala kewajiban dan hak masing-masing setiap individu dalam keluarga. Pencapaian yang amat luar biasa ketika sebuah keluarga dapat mewujudkan keluarganya menjadi keluarga yang sakinah. Melalui perkawinan diharapkan mampu menjadi sarana untuk menghasilkan keturunan yang dapat menjamin kelangsungan eksitensi manusia di muka bumi. Masyarakat Dusun Karang adalah mayoritas penduduknya bekerja (karir) keluar kota/merantau, denagan adanya hubungan yang jarak jauh tidak menutup kemungkinan bahwa permasalahan keluarga bisa muncul setiap saat. Pembentukan keluarga sakinah pada keluarga pasangan karir yang penyusun bahas di sini sangatlah penting guna meminimalisir terjadinya kelalaian pada perceraian. Pembentukan keluarga sakinah adalah suatu keharusan dan merupakan tujuan yang harus dicapai bagi setiap pasangan. Pokok masalah yang diangkat yaitu untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh suami istri pasangan karir dalam mempertahankan kesakinahan keluarga dan mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap upaya membentuk keluarga sakinah pada keluarga pasangan karir di Dusun Karang, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupatan Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), sifat dari penelitian deskriptif-analitis, pengumpulan subjek sampel, pengumpulan data (Observasi, wawancara, dokumentasi), memakai pendekatan normatif, metode analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan kerangka berfikir deduktif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya, usaha yang dilakukan keluarga pasangan karir adalah: 1. Berkomunikasi dengan baik, menerima apa adanya, rutin mengirim biaya ke rumah, memberikan pengertian kepada anak ketika suami pergi, pasrah kepada Allah, bekerja secara maksimal, menanamkan pondasi terhadap anak tentang agama, memperkuat kepercayan antara suami istri, selalu menjaga keharmonisan keluarga, mencari nafkah secara bersama-sama, saling permasalahan rumah tangga diselesaikan bersama, meminta nasehat orang tua, berusaha selalu jujur dengan pasangan, mencintai dengan kondisi apa adanya, mengutamakan musyawarah, tidak ada kekerasan dalam rumah tangga. 2. Tinjauan hukum Islam keluarga pasangan karir di Dusun Karang, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul adalah bahwa keluarga pasangan yang ada tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena antara suami istri bekerja di luar kota/merantau merupakan sudah kesepakatan bersama dan hal itu dilakukan karena kondisi ekonomi yang tidak mencukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SUPRIATNA, M.Si
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:46
Last Modified: 21 Apr 2016 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum