PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI PADUKUHAN DILATAN DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM

AFID MUFLIKHUN, NIM. 12350002 (2016) PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI PADUKUHAN DILATAN DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI PADUKUHAN DILATAN DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM)
12350002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI PADUKUHAN DILATAN DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM)
12350002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bagi umat Islam zakat adalah sebuah kewajiban individu yang harus di tunaikan dengan syarat dan ketentuan yang telah tertulis di dalam naṣṣ, baik zakat fitrah maupun zakat māl. Dalam pelaksanaan zakat fitrah, Islam sudah mengatur sedemikian rupa, mulai dari pembayarannya sampai dengan pendistribusiannya. Naṣṣ menerangkan bahwa pengeluaran zakat fitrah harus menggunakan makanan pokok sehari-hari dan kadarnya adalah satu ṣāʻ. Pendistribusiannya pun telah ditentukan, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, orang-orang yang berhutang, fī sabilillah dan ibnu sabil. Pelaksanaan zakat fitrah di masyarakat pada umumnya menggunakan beras sebagai makanan pokok sehari-hari dan terkadang menggunakan uang sebesar kadar 2,5 kg beras. Pendistribusiannya, seperti yang telah disebutkan di dalam naṣṣ, namun pelaksanaan zakat fitrah di Padukuhan Dilatan Desa Monggol Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta sedikit berbeda, ada yang menggunakan beras dan ada juga yang menggunakan uang. Kadarnya pun juga bervariasi, ada yang 2,5 kg, ada yang kurang dari 2,5 kg, ada juga yang lebih dari 2,5 kg, yang menggunakan uang juga demikian. Dalam pendistribusiannya terdapat dua amil di Padukuhan Dilatan, amil di Masjid Al-Huda dan Muṣalla Toriqul Jannah. Amil Masjid Al-Huda mendistribusikan zakat fitrah hanya kepada fakir dan miskin, sedangkan amil di Muṣalla Toriqul Jannah mendistribusikan zakat fitrah kepada setiap KK di RT.1 dengan memproiritaskan fakir, miskin, janda, anak yatim dan janda miskin di Padukuhan lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Padukuhan Dilatan Desa Monggol Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi, sumber data dari penelitian ini adalah tokoh-tokoh masyarakat, amil zakat, serta para informan yang terlibat dalam pelaksanaan zakat fitrah. Sifat dalam penelitian ini adalah preskriptif, yang bertujuan untuk memberi penilaian yang bergantung pada ketentuan yang berlaku. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif dengan menganalisis secara induktif dan deduktif. Berangkat dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa cara pembayaran zakat fitrah di Padukuhan Dilatan Desa Monggol Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul sudah sesuai dengan hukum Islam dan merupakan ʻurf ṣaḥīḥ, kecuali warga yang membayar kurang dari kadar 2,5 kg beras dengan statusnya yang mampu. Cara pendistribusian zakat fitrah yang dilakukan oleh amil Masjid Al-Huda dengan membagi zakat fitrah hanya kepada golongan fakir dan miskin saja juga sudah sesuai dengan hukum Islam dan merupakan ‘urf ṣaḥīḥ, cara pendistribusian yang dilakukan oleh amil Muṣalla Toriqul Jannah dengan membaginya kepada fakir, miskin, janda dan di luar Padukuhan sudah sesuai dengan hukum Islam dan merupakan ‘urf ṣaḥīḥ namun cara pendistribusian kepada anak yatim dan setiap KK di RT.1 tidak sesuai dengan hukum Islam dan merupakan ‘urf fāsid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI DJAZIMAH, S.Ag., M.SI.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:49
Last Modified: 20 Apr 2016 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum