POLA INTERAKSI SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUHAMAD USMAN, NIM. 09540049 (2016) POLA INTERAKSI SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA INTERAKSI SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09540049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POLA INTERAKSI SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09540049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (978kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul Pola Interaksi Sosial Perguruan Pencak Silat Cepat Pembelaan Diri (CEPEDI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi ini adalah hasil penelitian penulis di Perguruan PencakSilat CEPEDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilatarbelakangi bahwa CEPEDI merupakan perkumpulan (kelompok) yang bergerak terutama dalam olah tubuh dan ketrampilan beladiri, dalam hal ini adalah pencak silat. Pencak silat merupakan t radisi yang mengakar bagi masyarakat Indonesia hingga memuncul kaberbagai aliran dimana masingmasing memiliki kekhasan dalam hal gerakan bahkan sampai pada pola hubungan dan prilaku. Dalam perkembangannya CEPEDI mengalami pasang surut, hal ini dikarenakan persepsi masyarakat yang kurang, menganggap bahwa seni beladiri hanya mengajarkan kekerasan denganberkelahi. Pada akhirnya salah satu dari anggota CEPEDI mampu mempertahankan beladiri ini dengan menjalin kerjasama dengan salah satu universitas. Sampai sekarang CEPEDI mampu mempertahankan eksistensinya sebagai budaya seni beladiri yang masih bertahan. Tidak hanya berjalan di tempat saja, CEPEDI sekarang masih memperluas perkembangannya dengan menjalin kerjasama dengan instansi lain. Bergerak dari realita diatas, penulis mengajukan beberapa rumusan masalah untuk mengeksplorasi perkemabangan PerguruanPencakSilat CEPEDI. Pertama, bagaimana gambaran pola interaksi sosial antara guru dan murid di Perguruan PencakSilat CEPEDI?. Kedua, apakah pola interaksi yang ada pada CEPEDI membangun integrasi sosial?.Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu menggambarkan sejelas-jelasnya mengenai kondisi Perguruan PencakSilat CEPEDI, kemudian di analisis dengan menggunakan teori interak sisosial serta teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons. Berdasarkan data yang diperoleh, penulis menemukan bahwa polain teraksi di CEPEDI terdapat interaksi yang bersifat assosiatif dan disosiatif. Interaksi assosiatif tersebut berupa kerjasama dana komodasi. Sedangkan yang bersifat disosiatif berupa persaingan. Jika kerjasama dan akomodasi jelas dapat memperkokoh integrasisosial, bukan berarti persaingan di CEPEDI mengarah pada keadaan disintegrasi. Persaingan di CEPEDI justru menimbulkan sikap saling menghormati dan sportif, ini dikarenakan anggota-anggota CEPEDI menjalankan dan mematuhi norma-norma yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil. Almakin, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, pencak silat, CEPEDI
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:31
Last Modified: 02 Jun 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum