PERHITUNGAN WETON DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS DI DESA MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG)

KHARISMA PUTRI AULIA AZNUR, NIM. 12350081 (2016) PERHITUNGAN WETON DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS DI DESA MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERHITUNGAN WETON DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS DI DESA MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG))
12350081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERHITUNGAN WETON DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS DI DESA MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG))
12350081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Budaya dan adat Indonesia ada yang masih bersifat orisinil ada pula yang sudah terpengaruhi oleh peninggalan-peninggalan zaman kolonial, sisa-sisa pengaruh dari Hindu-Budha dan Agama Islam, yang demikian telah tersebar secara merata di Nusantara. Dari budaya dan adat yang tersebar ini ada beberapa adat di Indonesia yang tidak mampu bertahan karena digerus zaman yang semakin modern. Akan tetapi ada pula yang masih bertahan bahkan eksis di zaman sekarang. Salah satu contoh adat yang masih eksis adalah adat masyarakat Jawa yang masih menggunakan hitungan weton untuk melangsungkan perkawinan. Hal ini masih dilakukan sebagian besar masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu contoh masyarakat di Jawa Tengah yang masih menggunakan perhitungan weton adalah masyarakat di Desa Mojowarno Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Sebagian besar dari masyarakat di Desa ini masih menggunakan perhitungan weton, tidak hanya dalam perkawinan saja akan tetapi juga dalam kehidupan kesehariaannya seperti bercocok tanam, membangun rumah, pindah rumah dan lain sebagainya. Masyarakat Desa Mojowarno dalam perhitungan weton ini menggunakan dua cara, yaitu perhitungan weton yang asli Jawa dan perhitungan weton yang dikombinasikan dengan Islam atau yang biasa disebut dengan perhitungan weton Jawa Islam. Dari adat yang dimiliki masyarakat di Desa Mojowarno, membuat peneliti mencoba melihat tentang bagaimana adat ini dapat berjalan secara terus-menerus di dalam masyarakat. Dari uraian diatas munculah bebarapa pokok masalah yang berkaitan dengan perhitungan weton sebagai berikut : bagaimana praktik dari sebuah perhitungan weton dalam hal perkawinan, dan apa yang melatarbelakangi masyarakat di Desa Mojowarno masih menggunakan perhitungan weton, serta bagaimana hukum Islam memandang adat yang berlaku di Desa Mojowarno yang demikian. Sebagai sebuah penelitian lapangan (field research), diharapkan penelitian berikut mampu mengelaborasi data dan fakta yang ada dengan sifat penelitian deskriptif-analisis. Dengan menggunakan ‘Urf peneliti mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa perhitungan weton yang digunakan oleh masyarakat merupakan suatu adat yang rusak atau ‘Urf Fasid. Hal ini di sebabkan oleh cara atau media yang digunakan mayoritas masyarakat Desa Mojowarno bertentangan dengan syara’, seperti menggunakan punden sebagai tempat meminta perlindungan karena hasil dari perhitungan weton yang tidak sesuai serta menggunakan darah hewan tertentu untuk menghindarkan pasangan yang akan menikah dari marabahaya apabila perhitungan weton diantara keduanya sangat berlawanan. Perhitungan weton juga dianggap sebagai penghalang adanya perkawinan karena ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi sebelum adanya perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD BUNYAN WAHIB, M.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: Perhitungan weton, perkawinan, adat.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 10:06
Last Modified: 20 Apr 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum