FUNGSI SOSIAL PENGAJIAN BERGILIR DI RUMAH WARGA (Studi tentang Tradisi Pengajian Bergilir dan Upaya Memakmurkan Masjid di Dusun Pugeran, Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta)

AFNANI JAYADINA, NIM. 12540009 (2016) FUNGSI SOSIAL PENGAJIAN BERGILIR DI RUMAH WARGA (Studi tentang Tradisi Pengajian Bergilir dan Upaya Memakmurkan Masjid di Dusun Pugeran, Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI SOSIAL PENGAJIAN BERGILIR DI RUMAH WARGA (Studi tentang Tradisi Pengajian Bergilir dan Upaya Memakmurkan Masjid di Dusun Pugeran, Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta))
12540009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI SOSIAL PENGAJIAN BERGILIR DI RUMAH WARGA (Studi tentang Tradisi Pengajian Bergilir dan Upaya Memakmurkan Masjid di Dusun Pugeran, Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta))
12540009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (715kB)

Abstract

Pengajian merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di masyarakat. Sebagai suatu lembaga pendidikan, materi di dalam pengajian ada 2 (dua) macam, yaitu: membaca al-Qur’an dan kajian agama Islam. Keberadaannya sangat efektif sebagai wadah dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, pengajian ada yang ditempatkan di masjid, namun adapula yang dilaksanakan secara bergilir di rumah warga. Pengajian rutin mingguan yang ada di Dusun Pugeran merupakan salah satu contoh pengajian yang diadakan secara bergilir. Pengajian tersebut seperti pengajian yasinan anak-anak, pengajian yasinan ibuibu, pengajian rebon, dan pengajian tadarusan bapak-bapak. Pengajian bergilir tersebut masih dipertahankan meski sudah ada masjid dengan kondisi bangunan yang cukup bagus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaan tradisi pengajian bergilir dirumah warga beserta fungsi sosial pengajian tersebut dan upaya masyarakat di Dusun Pugeran dalam memakmurkan masjid di sisi lainnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research.Lapangan yang dijadikan tempat penelitian adalah lokasi tempat pengajian dan masjid kampung di Dusun Pugeran. Data atau sumber yang digunakan adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari berbagai pihak. Teknik pengolahan data secara kualitatif, memperhatikan dan mencermati secara mendalam yang kemudian akan dilakukan penjelasan.pembahasan masalah di penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional milik Talcott Parsons. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi tentang tradisi pengajian bergilir, mulai dari asal usul tradisi pengajian bergilir, pelaksanannya, beserta fungsi sosialnya, dan upaya masyarakat Dusun Pugeran dalam memakmurkan masjid. Tradisi pengajian bergilir dalam pelaksanaannya dilakukan secara bergilir dari satu rumah warga ke rumah warga yang lain yang menjadi anggota pengajian. Fungsi sosial pengajian bergilir terhadap masyarakat Dusun Pugeran adalah terwujudnya kerukunan antar warga dan bertambahnya pemahaman tentang ajaran agama Islam bagi jama’ahnya. Dalam mengimbangi fungsi masjid yang ada di dusun mereka, masyarakat Pugeran melakukan beberapa upaya untuk memakmurkan masjid, antara lain: dijadikan sebagai tempat beribadah, tempat kegiatan pendidikan keagamaan, tempat musyawarah, dan tempat pengelolaan shadaqah, infaq, dan zakat. Kata kunci: Pengajian Bergilir, Fungsi Sosial, Upaya Memakmurkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muhammad Amin, Lc. MA
Uncontrolled Keywords: Pengajian Bergilir, Fungsi Sosial, Upaya Memakmurkan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 00:42
Last Modified: 03 Jun 2016 00:42
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/20265

Actions (login required)

View Item View Item