PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA TANPA TANGGAL KADALUWARSA BERDASARKAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

MEY MINANDA, NIM. 12380016 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA TANPA TANGGAL KADALUWARSA BERDASARKAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA TANPA TANGGAL KADALUWARSA BERDASARKAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF)
12380016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA TANPA TANGGAL KADALUWARSA BERDASARKAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF)
12380016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (984kB)

Abstract

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, atau mahluk hidup lainnya dan untuk diperdangkan. Konsumen memiliki hak-hak yang wajib dpenuhi oleh pelaku usaha. Peredaran pangan yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasannya merupakan salah satu tindak pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha byang berkaitan dengan keterbukaan informasi mengenai produk pangan yang aman untuk dikonsumsi. Sehingga konsumen membutuhkan suatu perlindungan hukum dalam transaksi jual beli terutama produk pangan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait. Penyusun tertarik untuk meneliti perlindungan konsumen terhadap produk pangan industri rumah tangga tanpa tanggal kadaluwarsa berdasarkan hukum Islam dan hukum positif, terutama perlindungan konsumen terhadap produk tanpa tanggal kadaluwarsa. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa studi lapangan dan studi kepustakaan, Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah yuridis normatif. Hasil dari penelitian ini perlindungan konsumen dalam Islam berkaitan dengan kehalalan dan keharaman dalam mengkonsumsi produk pangan, yang dilihat dari segi kandungan, cara pengolahan, dan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, faktor luar harus diperhatikan terutama berkaitan dengan hasil akhir produksi, cara pengemasan, dan jangka waktu pangan. Perlindungan konsumen merupakan bagian dari hukum Islam dalam menciptakan suatu kemaslahatan bagi masyarakat terutama konsumen. Produk pangan yang aman merupakan pangan yang halalan thayyiba, yang memberikan manfaat dari segi keamanan, proporsional, dan sehat. Pangan yang dikonsumsi oleh konsumen harus memberikan kemaslahatan terhadap lima pokok tujuan hukum Islam dalam maqāsid al-sharī’ah pada tingkat daruriyyât. Tanggal kadaluwarasa pada produk pangan merupakan jaminan terhadap produk, sehingga pencantumannya bersifat wajib (fard) sebab menyangkut kepastian hukum. Apabila pelaku usaha mencantumkan tanggal kadaluwarsa, pelaku usaha memberikan perlindungan terhadap jiwa konsumen dalam mengkonsumsi produk pangan dan melindungi akal konsumen dalam memilih produk pangan yang akan dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. MOCHAMAD SODIK, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: konsumen, maqāsid al-sharī’ah, halalan thayyiba
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:51
Last Modified: 20 Apr 2016 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item