TINJAUAN ETIKA ISLAM TERHADAP PERAN NOTARIS DALAM TRANSAKSI PERBANKAN SYARI’AH (STUDI ATAS PELAKSANAAN AKAD DI BANK TABUNGAN NEGARA SYARI’AH YOGYAKARTA)

ARIQ ALGHIFARY, NIM. 12380031 (2016) TINJAUAN ETIKA ISLAM TERHADAP PERAN NOTARIS DALAM TRANSAKSI PERBANKAN SYARI’AH (STUDI ATAS PELAKSANAAN AKAD DI BANK TABUNGAN NEGARA SYARI’AH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA ISLAM TERHADAP PERAN NOTARIS DALAM TRANSAKSI PERBANKAN SYARI’AH (STUDI ATAS PELAKSANAAN AKAD DI BANK TABUNGAN NEGARA SYARI’AH YOGYAKARTA))
12380031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA ISLAM TERHADAP PERAN NOTARIS DALAM TRANSAKSI PERBANKAN SYARI’AH (STUDI ATAS PELAKSANAAN AKAD DI BANK TABUNGAN NEGARA SYARI’AH YOGYAKARTA))
12380031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah adalah lembaga keuangan yang menerapkan prinsip-prinsip syari‟ah atau biasanya disebut dengan lembaga keuangan syari‟ah. Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah beroperasi sejak tahun 2005 hingga sekarang. Dalam melaksanakan salah satu fungsinya yaitu melakukan penyaluran dana, Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah membutuhkan jasa notaris untuk memberikan kepastian hukum dan memberikan konsultasi hukum terkait dengan penyaluran dana kepada masyarakat. Peran notaris menjadi sangat vital dalam penyaluran dana yang dilakukan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap peran notaris dalam perbankan syari‟ah terutama di salah satu lembaga keuangan syari‟ah yang ada di Kota Yogyakarta yaitu Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitan ini adalah peran notaris yang jarang sekali yang diungkapkan kepada masyarakat dan penerapan prinsip etika bisnis terhadap tindakan-tindakan notaris di Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif-analitis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengekplorasi secara mendalam peran notaris dalam perbankan syari‟ah terutama di Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah Kota Yogyakarta dan menganalisa perilaku notaris tersebut dengan perspektif etik dalam Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana peran notaris dalam perbankan syari‟ah terutama di Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah Kota Yogyakarta dan perilaku notaris “oknum” yang tidak optimal dilihat dari perspektif etika dalam Islam. Ditemukannya beberapa oknum notaris yang tidak hadir dalam pelaksanaan akad, notaris yang tidak mempunyai sertfikat kompetensi syari‟ah, dan pembebanan biaya jasa notaris. Tindakan-tindakan notaris dalam melaksanakan tugasnya dalam pelaksanaan akad di Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah yang memungkinkan dapat membuka celah hukum atau wanprestasi bagi kedua belah pihak, baik dari nasabah maupun pihak Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. ABDUL MUJIB, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Notaris, Perilaku Notaris, Bank Tabungan Negara (BTN) Syari‟ah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 10:56
Last Modified: 20 Apr 2016 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum