ANALISIS SISTEM ORGANISASI HALAL TERHADAP MAKANAN TINJAUAN YURIDIS, NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI JALAN TAMANSISWA YOGYAKARTA)

HUSNUL AGUSTIN, NIM. 12380081 (2016) ANALISIS SISTEM ORGANISASI HALAL TERHADAP MAKANAN TINJAUAN YURIDIS, NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI JALAN TAMANSISWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SISTEM ORGANISASI HALAL TERHADAP MAKANAN TINJAUAN YURIDIS, NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI JALAN TAMANSISWA YOGYAKARTA))
12380081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SISTEM ORGANISASI HALAL TERHADAP MAKANAN TINJAUAN YURIDIS, NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI JALAN TAMANSISWA YOGYAKARTA))
12380081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya pengolahan makanan yang bermacam-macam membuat konsumen bingung untuk memilih mana makanan yang halal dan mana makanan yang haram. Makanan yang dikonsumsi oleh konsumen khususnya konsumen Muslim haruslah yang halal. Jaminan kehalalan dan kepastian hukum suatu produk makanan dapat diwujudkan dalam bentuk sertifikat halal dan tanda halal yang menyertai suatu produk makanan tersebut. Masalahnya, bagaimana menjamin bahwa sertifikat halal tersebut memenuhi kaedah syariah yang ditetapkan dalam penetapan suatu produk, dalam hal ini berkaitan dengan sistem organisasi halal/sistem internal perusahaan yang telah diterapkan. Dalam karya ilmiah ini, jenis penelitiannya adalah field research dan sifatnya adalah deskriptif analitis. Sedangkan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan yuridis, normatif dan sosiologi hukum Islam serta menggunakan analisis data dengan metode induktif. Wawancara dilakukan kepada pemilik toko makanan yang sudah bersertifikat halal dan toko makanan yang tidak bersertifikat halal. Studi ini menggunakan beberapa teori yaitu teori perlindungan konsumen, panduan umum sistem jaminan halal LPPOM MUI, dan ‘urf. Toko makanan bersertifikat halal merupakan toko makanan yang sudah melaksanakan sistem organisasi halal yang telah ditetapkan dalam panduan umum sistem jaminan halal LPPOM MUI. Dengan melaksanakan sistem organisasi halal maka toko makanan tersebut sudah melaksanakan ‘urf yang shohih dan melindungi konsumen dari pengolahan makanan yang tidak halal. Sedangkan toko makanan yang tidak bersertifikat halal tidak melaksanakan apa yang telah ditetapkan dalam panduan umum sistem jaminan halal LPPOM MUI yaitu melaksanakan pembuatan sertifikat halal. Sistem organisasi halal dalam toko makanan tersebut termasuk dalam ‘urf yang shahih/baik karena mereka menjamin bahwa makanan yang mereka sajikan adalah halal. Mereka juga ingin melindungi konsumen dari makanan yang tidak halal meskipun toko makanan tersebut tidak bersertifikat halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sistem Jaminan Halal, Sistem Organisasi Halal, Toko Makanan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:24
Last Modified: 20 Apr 2016 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item View Item